Bisa Bantu Pengemudi Ketika Letih, Hyundai Kembangkan Penerapan AI untuk Meniru Pola Mengemudi

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

30 October 2019

Bisa Bantu Pengemudi Ketika Letih, Hyundai Kembangkan Penerapan AI untuk Meniru Pola Mengemudi

momobil.id – Teknologi artificial Intelligence atau AI tampaknya masih digandrungi produsen otomotif dunia. Seperti Hyundai, yang mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan AI terbaru guna ditanamkan dalam sistem kontrol dengan perpaduan machine learning untuk mempelajari pola pengemudi ketika mengemudi.

Secara sederhana, implementasi dari pengembangan ini yakni AI akan meniru pola kemudi sesuai kebiasaan pengemudi ketika fitur ini diaktifkan. Smart Cruise Control-Machine Learning (SCC-ML) akan diterapkan di kendaraan Hyundai di masa depan. Dengan bantuan lane-change otomatis, SCC-ML mencapai self-driving Level 2.5. SCC-ML dan mampu “meniru” 10 ribu pola mengemudi dan bisa beradaptasi dengan siapa pun pengemudinya.

Dikutip dari Driving, Woongjun Jang selaku Vice President di Hyundai Motor Group menuturkan bahwa SCC-ML merupakan peningkatan baru dibandingkan teknologi artificial intelligence atau AI sebelumnya, yaitu Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Sistem SCC-ML dapat diaktifkan ketika pengemudi sedang merasa cemas atau tidak stabil ketika mengemudi. Dengan mempelajari pola kemudi, AI pada Smart Cruise Control akan mengendarai kendaraan dengan pola yang biasa pengemudi lakukan sehingga laju mobil terasa lebih natural.

AI dan machine learning akan bekerja dengan terus-menerus mendapatkan informasi mengemudi dari sensor seperti kamera depan dan radar, yang kemudian dimasukkan ke dalam komputer. Kemudian AI akan membangun logika algoritma sebagai pembelajaran untuk komputer.

Pola mengemudi dikategorikan menjadi tiga bagian, antara lain jarak dari kendaraan di depan, akselerasi kecepatan, dan tingkat responsifitas. Pada sistem sebelumnya, parameter-parameter ini tidak dapat ditanamkan dengan sempurna. Tetapi SCC-ML akan mengingat akselerasi kecepatan yang digunakan pengemudi untuk mengejar kendaraan di depan, seberapa cepat pengemudi merespons celah di antaranya, dan seberapa jauh pengemudi duduk di bangku kemudi mobil.

Sumber gambar: Driving

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas