Hyundai Kembangkan Mobil Berbahan Hidrogen, Bagaimana Cara Kerjanya?

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

28 November 2019

Hyundai Kembangkan Mobil Berbahan Hidrogen, Bagaimana Cara Kerjanya?

momobil.id – Sebagian besar produsen mobil gencar memproduksi mobil listrik sebagai solusi perubahan iklim global. Meski begitu, beberapa penelitian mengatakan bahwa mobil berbahan bakar hidrogen merupakan solusi yang lebih efektif. Karenanya, Hyundai kini tengah mengembangkan sebuah mobil yang memanfaatkan hidrogen dan listrik sebagai sumber tenaga.

Hyundai mengembangkan teknologi mobil berbahan bakar ganda yaitu hidrogen dan listrik yang diberi nama Hyundai Nexo. Dengan mengusung model SUV, Hyundai Nexo siap bersanding dengan mobil ramah lingkungan lain yang didominasi tenaga listrik atau hybrid.

Hidrogen cenderung tidak berbau, tidak berwarna, bersifat non logam, namun mudah terbakar. Hampir 75 persen komponen gas di semesta adalah gas hidrogen. Cara kerja mobil bertenaga hidrogen agak sedikit berbeda dengan mobil konvensional dan mobil bertenaga listrik maupun hybrid.

Gas hidrogen dari tangki mengumpankan ke pipa terminal positif. Hidrogen mudah terbakar dan mudah meledak, sehingga tangki harus sangat kuat. Oksigen dari udara turun ke pipa terminal negatif. Terminal positif terbuat dari platinum, katalis logam mulia yang dirancang untuk mempercepat kimia yang terjadi di sel bahan bakar. Ketika atom gas hidrogen mencapai katalis, mereka terpecah menjadi proton dan elektron.

Proton yang bermuatan positif, tertarik ke terminal negatif dan bergerak melalui elektrolit ke arahnya. Elektrolit adalah membran tipis yang terbuat dari film polimer (plastik) khusus dan hanya proton yang dapat melewatinya.

Sementara itu elektron mengalir melalui sirkuit luar. Ketika elektron dan proton melakukannya, proton dan elektron memberi daya pada motor listrik yang menggerakkan roda mobil. Akhirnya, proton dan elektron tiba di terminal negatif. Di terminal negatif, proton dan elektron bergabung kembali dengan oksigen dari udara dalam reaksi kimia yang menghasilkan air. Air dilepaskan dari pipa knalpot sebagai uap air.

Untuk mengisi tangki hidrogen, mobil tersebut membutuhkan waktu lima menit dengan daya jangkau kendaraan, masing-masing 380 mil (612 km) untuk model Nexo Blue dan 354 mil (570 km) model Limited.

Kedua model ini memiliki tenaga maksimal 161 hp (163 PS/120 kW) dan torsi 291 lb-ft (394 Nm). Mobil tersebut mampu berlari 0-60 mph (0-96 km/jam) dalam waktu 9,5 detik.

Hyundai Nexo dijual dengan harga mulai dari US$58,300, merupakan harga yang fantastis jika dibandingkan dengan mobil SUV sejenis. Namun harga tersebut sebanding dengan teknologi ramah lingkungan yang ditawarkan.

Sumber gambar: Carscoops

.

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas