Hyundai Kembangkan Teknologi Road Active Noise Control, Apa Fungsinya?

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

13 November 2019

Hyundai Kembangkan Teknologi Road Active Noise Control, Apa Fungsinya?

momobil.id – Meskipun tertutup, penumpang di dalam kabin mobil seringkali merasa terganggu oleh suara bising atau noise yang datang dari kendaraan sekitar atau suara-suara lainnya. Untuk mengurangi noise tersebut, Hyundai kini tengah mengembangkan teknologi Road Active Noise Control (RANC).

RANC merupakan pengembangan lanjutan dari Active Noise Control (ANC) yang sebelumnya pernah dikembangkan oleh pabrik mobil asal Korea Selatan. Kedua teknologi ini sama-sama menjadi solusi untuk meredam noise dalam kabin. Untuk mengetahui kinerja dan perbedaan kedua sistem ini, terlebih dahulu harus mengetahui apa itu ANC.

ANC bekerja dengan menganalisa suara di dalam kabin untuk mengurangi kebisingan yang datang dengan memancarkan gelombang suara terbalik (inverted soundwave) untuk melempar kembali suara yang datang sehingga mengurangi kebisingan, tidak dengan memblokir suara.

Sudah lebih maju dari ANC, RANC mampu menganalisis berbagai jenis kebisingan secara real time dan menghasilkan gelombang suara terbalik untuk menangkal suara roda atau suara gemuruh yang berasal dari jalan dan angin.

RANC menggunakan sensor akselerasi untuk menghitung getaran dari jalan ke mobil dan memanfaatkan komputer untuk menganalisis kebisingan jalan. RANC mampu melakukan analisis kebisingan dengan akurat dan perhitungan cepat untuk memerangi kebisingan jalan secara lebih detail, yaitu dengan melakukan analisa kebisingan terpisah untuk kabin penumpang, kabin belakang, dan kabin pengemudi.

Karena komputasi dan kecepatan untuk mentransfer sinyal sangat dioptimalkan, RANC juga memanfaat mikrofon untuk memonitor kebisingan dan kemudian mengirimkannya ke Digital Signal Processor (DSP) dan hanya membutuhkan 0.002 detik untuk menganalisa kebisingan dan memproduksi gelombang suara terbalik.

Baca Juga: Ikuti trend kekinian, MINI siapkan mobil listrik MINI Cooper SE

Hyundai berpendapat bahwa RANC dapat mengurangi kebisingan hingga tiga desibel, yaitu setengah dari level kebisingan yang biasa terjadi di dalam kabin. Karena menggunakan sedikit komponen dan peredam suara, teknologi ini tidak akan menambah bobot kendaraan.

Dikembangkannya teknologi RANC juga menyesuaikan dengan mobil masa depan yang sudah bertransformasi menggunakan bahan bakar listrik atau bahkan hidrogen, yang mana kebisingan bukan lagi datang dari mesin, melainkan jalanan atau angin.

Sumber gambar: Carscoops

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas