Hyundai Palisade Kena Recall, Apa Masalahnya?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 27 August 2022

Hyundai Palisade Kena Recall, Apa Masalahnya?

momobil.id – Palisade merupakan SUV flasghip milik Hyundai. Beberapa waktu lalu, SUV ini sempat mendapatkan penyegaran baik pada segi eksterior maupun teknologi. Namun, model lawas dari Hyundai Palisade diumumkan mengalami recall di Amerika Serikat. Lantas, apa masalah yang muncul?

Masalah Wiper Kaca Depan Hyundai Palisade

Dilansir dari Carscoops, Hyundai Palisade yang diproduksi pada tanggal 10 April 2019 hingga 16 Februari memiliki masalah pada bagian wiper. Mobil yang dikenakan recall berjumlah 122.919 unit.

Untuk masalahnya, wiper pada mobil bisa tiba-tiba berhenti bekerja. Hal ini tentunya sangat mengganggu visibilitas saat berkendara, terlebih ketika hujan. Jika wiper tidak menyala, maka pengemudi dan penumpang bisa terkena risiko kecelakaan. Di Amerika Serikat, sudah ada 57 kasus serupa yang terjadi pada Hyundai Palisade. Beruntungnya, belum ada laporan kasus kecelakaan yang terjadi akibat hal ini.

Hyundai sendiri masih terus melakukan investigasi mengenai kerusakan pada wiper Palisade. Recall rencananya akan mulai diadakan pada 14 Oktober mendatang. Kabarnya, salah satu penyebab wiper yang tiba-tiba bekerja ada pada roda gigi motor wiper. Roda gigi akan mengalami kerusakan ketika wiper sedang digunakan.

Baca Juga: Hyundai Palisade Facelift Resmi Meluncur, Ini Spesifikasinya

Potensi Kebakaran Akibat Korsleting

Tidak hanya masalah wiper, Hyundai juga mengadakan recall atas dugaan potensi korsleting yang mampu menyebabkan kebakaran. Untuk kali ini, recall ditujukan pada Palisade yang dipasarkan oleh Hyundai Motor America dan diproduksi pada tahun 2020 hingga 2022. Recall ini berdampak pada 245.030 unit Palisade dan 36.416 KIA Telluride.

Palisade yang terkena recall merupakan unit yang menggunakan aksesoris tow hitch. Kelembaban dapat memicu terjadinya korsleting pada komponen ini. Korsleting bisa saja terjadi ketika mobil diparkir atau dikendarai.

Demi meminimalisir terjadinya kebakaran sebelum melakukan recall, Hyundai menyarankan untuk memarkir mobil di ruang terbuka. Selain itu, pemilik mobil juga harus berjaga jarak dari rumah dan bahan yang mudah terbakar.

mobil terkait

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 347.000.000

Individu

JAKARTA

Rp 199.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 205.000.000

Individu

JAKARTA UTARA


Kembali ke atas