Suzuki Ignis vs Honda Brio, Mana yang Lebih Unggul?

momobil.id - Nampaknya persaingan compact city car di pertengahan tahun 2017 ini semakin memanas. Suzuki sebagai salah satu produsen mobil terbesar, merilis city car terbarunya, yaitu: Suzuki Ignis. Mobil yang sedikit menyerupai mobil mini ini menawarkan berbagai fitur yang cukup menarik perhatian dan minat  banyak orang untuk membelinya, seperti performa mesin yang dapat diandalkan, konsumsi bahan bakar yang irit, hingga fasilitas entertainment di dalam mobil yang memanjakan pengendara akan menjadi peringatan bagi mobil pesaing atau compact city car lainnya seperti Honda Brio. Nah, kira-kira mana ya yang lebih unggul, penantang baru Ignis atau Brio? Ignis vs Brio. Yuk, kita cari tahu.

Mesin

Dalam sektor mesin, kapasitas mesin yang ditawarkan oleh kedua mobil hampir sama yakni sama-sama mampu memproduksi daya sebesar 80-90 hp. Bila dijabarkan, mesin Ignis mengusung mesin berbahan bakar empat silinder K12M dengan kapasitas mesin sebesar 1.197 cc. Mesin ini mampu mencapai torsi puncak 113 Nm pada 4.200 rpm.

Sedangkan pada New Brio RS, mesin yang digunakan adalah i-VTEC dengan kapasitas 1.2 liter. Mesin ini mampu memproduksi tenaga mencapai 89 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 110 Nm pada 4.800 rpm.

Walau sepertinya kedua spesifikasi mesinnya terlihat hampir sama, namun Brio New RS lebih unggul di sini meski hanya selisih 3 Nm saja.

Eksterior

Seperti informasi yang dirilis oleh pihak Suzuki, Ignis mengusung platform baru yang diberi nama HEARTECT dan struktur bodi bernama Total Effective Control Technology. Perpaduan kedua inovasi terbaru dari Suzuki yang disematkan pada Ignis ini digadang-gadang akan dapat diandalkan saat melintas di jalanan beraspal hingga off-road. Mobil ini memiliki ukuran panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm dengan tinggi yang sama. Sedangkan Brio memiliki spesifikasi ukuran panjang 3.640 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm. Dengan data tersebut, untuk hal luas Ignis lebih unggul dibandingkan Brio.

Pada bagian luar, mobil Suzuki Ignis dilengkapi headlamp LED proyektor dengan DRL, fog lamps, lampu belakang kombinasi dan roof rails. Beda hal pada Brio yang dibekali projector headlamp dengan LED light guide, power retractable door mirror dengan LED turning signal, side under spoiler, rear glass garnish dan side sill garnish. Untuk masalah eksterior Brio memiliki aksesoris eksterior yang lebih banyak sepertinya dan menjadikannya lebih unggul dibanding Ignis

Interior

Kesan futuristik lebih dapat dirasakan pada interior Suzuki Ignis yang mengusung desain yang minimalis modern. Hal ini dapat terlihat pada bentuk dashboard pemilihan warna hingga pemilihan cover jok yang juga memiliki desain stylish. Ignis pun dilengkapi head unit dashboard yang sayangnya belum memiliki fitur touch screen. Interior pada rival Ignis, Brio RS ini didominasi oleh warna hitam, desain dashboard yang mengadopsi bentuk hatchback Honda Jazz. Untuk hiburan selama perjalanan, kamu bisa mengandalkan layar sentuh berukuran 6.2 inci yang dapat digunakan untuk menonton hingga memilih lagu favorit dari smartphone-mu via jack kabel usb pada sistem hiburan ini.

Secara keseluruhan sepertinya Suzuki Ignis lebih unggul dalam beberapa aspek seperti memiliki ukuran kabin yang lebih luas dan eksterior yang memikat perhatian. Namun, buat kamu yang lebih suka desain yang lebih minimalis, Honda Brio New RS adalah pilihan yang tepat walau harganya di atas Ignis. Jika membandingkan soal harga, harga kedua mobil ini pun perbedaaanya tidak terlampau jauh.

Berdasarkan komparasi Ignis vs Brio di atas, mobil mana yang kamu pilih? Suzuki Ignis atau Honda Brio? Jika kamu ingin membeli Honda Brio atau Suzuki Ignis, kamu bisa membeli di momobil.id, dapatkah harga terbaik dan berbagai promo menarik, seperti DP 15%, cashback, berbagai pilihan FREE subsidi, dan promo lainnya!

share sekarang

 
Tutup

Anda belum membeli mobil apa pun.

Rekomendasi Perkiraan Biaya

12

XSaya tidak tertarik