Ingin AC Mobil Lebih Awet? Hindari Lima Kebiasaan Ini

Ditulis oleh : redaksi

17 Jan 2020

momobil.id - Air Conditioner (AC) alias pendingin udara merupakan salah satu fitur penting yang ada di setiap mobil. AC akan menambah kenyamanan pengguna ketika mengendarai mobil meski dalam keadaan panas terik. Seperti komponen lainnya, AC mobil juga memiliki masa pakai yang terbatas. Karena itu, pemilik mobil perlu mengetahui bagaimana cara merawat AC mobil dengan baik. Penggunaan dari pemilik mobil juga sangat berpengaruh pada keawetan AC. Banyak kebiasaan-kebiasaan pemilik yang ternyata akan membuat kinerja AC mobil berumur lebih pendek. Meski terlihat sepele, namun hal ini cukup penting untuk diperhatikan ketika ingin merawat AC mobil. Berikut penggunaan atau kebiasaan yang harus dihindari agar AC mobil lebih awet.

Merokok di dalam mobil

Kebiasaan merokok di dalam mobil menjadi salah satu faktor penyebab AC mobil cepat rusak. Karena asap rokok yang mengandung nikotin akan menempel pada evaporator. Sisa asap ini menjadi berlendir dan tentunya mengganggu kinerja AC.

Meletakkan pengharum dekat AC

Umumnya, pemilik menempatkan pengharum agar mobil tetap segar dan wangi. Banyak yang menempatkan pengharum di dekat AC agar aromanya terbawa semburan. Namun hal ini justru akan memicu kerusakan yang lebih cepat pada AC mobil Anda. Karena bahan kimia yang terdapat ada pengharum akan masuk ke dalam evaporator dan mengendap. Dalam jangka waktu tertentu, endapan bahan kimia dari pengharum yang mengandung minyak akan menjadi tempat tinggal bakteri, kuman atau jamur. Selain resiko rusak lebih besar aroma yang dikeluarkan angin AC juga tidak segar lagi. Baca Juga: Begini Cara Memeriksa Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Parkir di tempat panas

Sering memarkirkan mobil di tempat panas yang langsung terpapar sinar matahari juga bisa memicu kinerja AC cepat berkurang. Karena kabin mobil yang terlalu panas akan membuat kinerja AC menjadi lebih berat.

Membuka jendela ketika AC menyala

Ketika AC sedang menyala, sebaiknya kaca jendela benar-benar dalam keadaan tertutup rapat. Jangan sekali-kali membuka jendela ketika AC menyala akan membuat kotoran atau debu dari luar akan masuk ke dalam evaporator.

AC hidup saat mematikan mesin mobil

Hal ini mungkin yang sering ditemui, entah lupa atau terbiasa. Kondisi AC menyala ketika mematikan mesin mobil juga bisa berpengaruh pada keawetan AC. Oleh: Malika

  • Tips & Trik
  • AC Mobil
  • AC Mobil Tidak Dingin
  • ac mobil kotor
  • ac mobil panas

Cari Mobil

Baru
Bekas
2010
2020

Actions

Mobil yang disarankan

Rp 107,000,000

Dealer

medan

Rp 122,000,000

Dealer

medan

Rp 172,000,000

Dealer

medan

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More

Kembali ke atas