Ingin AC Mobil Lebih Awet? Hindari Lima Kebiasaan Ini

Ditulis oleh : redaksi | 17 January 2020

Ingin AC Mobil Lebih Awet? Hindari Lima Kebiasaan Ini

momobil.idAir Conditioner (AC) alias pendingin udara merupakan salah satu fitur penting yang ada di setiap mobil. AC akan menambah kenyamanan pengguna ketika mengendarai mobil meski dalam keadaan panas terik. Seperti komponen lainnya, AC mobil juga memiliki masa pakai yang terbatas. Karena itu, pemilik mobil perlu mengetahui bagaimana cara merawat AC mobil dengan baik.

Penggunaan dari pemilik mobil juga sangat berpengaruh pada keawetan AC. Banyak kebiasaan-kebiasaan pemilik yang ternyata akan membuat kinerja AC mobil berumur lebih pendek. Meski terlihat sepele, namun hal ini cukup penting untuk diperhatikan ketika ingin merawat AC mobil. Berikut penggunaan atau kebiasaan yang harus dihindari agar AC mobil lebih awet.

Merokok di dalam mobil

Kebiasaan merokok di dalam mobil menjadi salah satu faktor penyebab AC mobil cepat rusak. Karena asap rokok yang mengandung nikotin akan menempel pada evaporator. Sisa asap ini menjadi berlendir dan tentunya mengganggu kinerja AC.

Meletakkan pengharum dekat AC

Umumnya, pemilik menempatkan pengharum agar mobil tetap segar dan wangi. Banyak yang menempatkan pengharum di dekat AC agar aromanya terbawa semburan. Namun hal ini justru akan memicu kerusakan yang lebih cepat pada AC mobil Anda. Karena bahan kimia yang terdapat ada pengharum akan masuk ke dalam evaporator dan mengendap.

Dalam jangka waktu tertentu, endapan bahan kimia dari pengharum yang mengandung minyak akan menjadi tempat tinggal bakteri, kuman atau jamur. Selain resiko rusak lebih besar aroma yang dikeluarkan angin AC juga tidak segar lagi.

Baca Juga: Begini Cara Memeriksa Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Parkir di tempat panas

Sering memarkirkan mobil di tempat panas yang langsung terpapar sinar matahari juga bisa memicu kinerja AC cepat berkurang. Karena kabin mobil yang terlalu panas akan membuat kinerja AC menjadi lebih berat.

Membuka jendela ketika AC menyala

Ketika AC sedang menyala, sebaiknya kaca jendela benar-benar dalam keadaan tertutup rapat. Jangan sekali-kali membuka jendela ketika AC menyala akan membuat kotoran atau debu dari luar akan masuk ke dalam evaporator.

AC hidup saat mematikan mesin mobil

Hal ini mungkin yang sering ditemui, entah lupa atau terbiasa. Kondisi AC menyala ketika mematikan mesin mobil juga bisa berpengaruh pada keawetan AC.

Oleh: Malika


Kembali ke atas