Ingin Menyalip Kendaraan, Lebih Baik Gunakan Klakson atau Lampu Dim?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 5 July 2020

Ingin Menyalip Kendaraan, Lebih Baik Gunakan Klakson atau Lampu Dim?

momobil.id – Saat berkendara di jalan raya, ada dua alat komunikasi non verbal yang bisa digunakan pengemudi untuk memberi isyarat kepada pengguna jalan lainnya. Dua alat yang biasa digunakan tersebut adalah klakson atau lampu dim ketika hendak memberikan isyarat.

Lampu dim bisa digunakan untuk memberi isyarat jika tak ingin memberi jalan kepada pengguna jalan lain saat sedang melaju dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Misalnya ketika melihat ada kendaraan lain di persimpangan, jika tak ingin memberi jalan maka bisa menembakkan lampu dim.

Namun sebaliknya, lampu dim juga bisa menjadi isyarat jika ingin memberi jalan kepada pengguna jalan lain. Jika ingin memberi jalan, tentu kecepatan kendaraan semestinya diperlambat agar memberi waktu pada pengguna jalan lain untuk menyebrang atau melewati jalan tersebut.

Sama seperti lampu dim, klakson juga bisa digunakan sebagai tanda isyarat. Misalnya, ketika ingin memberi tahu pengguna jalan yang berada di depan agar sedikit maju atau bergeser sedikit jika ingin berbelok atau pindah jalur. Namun baik klakson atau lampu dim, bisa juga digunakan sebagai isyarat jika ingin mendahului atau menyalip kendaraan yang ada di depannya. Lalu, mana yang sebaiknya digunakan ketika ingin menyalip kendaraan? Klakson atau lampu dim?

Menurut pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu, fungsi kedua alat itu sama saja. Yang harus diperhatikan adalah kondisi penggunaannya.

“Penggunaannya tergantung kondisi, karena itu sebagai informasi untuk keberadaan kita. Kalau siang gunakan klakson, sedangkan malam gunakan lampu dim,” jelas Jusri seperti dilansir Viva.

Meski demikian, penggunaan klakson juga harus mementingkan etika, jangan sampai menyebabkan keributan di jalan raya. Sebab, suara yang dihasilkan tidak memiliki nada, sehingga bisa disalahartikan.

“Gunakan klakson dengan sekali tekan saja, agar tidak mengganggu. Jangan berlebihan, nanti malah dapat menimbulkan keributan,” tuturnya.

Baca juga: Sebelum Memodifikasi Mobil Listrik, Ketahui Dulu Hal Ini

Pada malam hari, sebaiknya jangan menggunakan klakson kecuali benar-benar mendesak. Penggunaan klakson dapat mengganggu mereka yang sedang beristirahat. Lebih baik, gunakan lampu dim jika ingin menyalip kendaraan yang berada di depan.

“Cukup gunakan lampu dim seperlunya, jangan sampai alat komunikasi ini mengganggu pengendara lain. Gunakan dengan sekali atau dua kali kedipan saja, jangan berlebihan,” jelasnya.


Kembali ke atas