Ingin Mobil Lebih Irit? Kuasai 9 Teknik Eco Driving Ini

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 23 May 2020

Ingin Mobil Lebih Irit? Kuasai 9 Teknik Eco Driving Ini

momobil.id – Semua orang tentunya ingin memiliki mobil yang hemat bahan bakar. Selain jenis mesin, penggunaan bahan bakar yang irit juga ditentukan oleh teknik mengemudi mobil. Teknik Eco Driving merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar pada mobil. Ada berbagai cara dalam teknik eco driving ini, yaitu sebagai berikut.

Akselerasi Perlahaan

Untuk menjaga keiritan bahan bakar, pengemudi dapat memperlambat akselerasi mobil. Pada saat mulai berkendara, pertahankan akselerasi 20km/jam selama 5 detik. Akselerasi yang perlahan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sekitar 11%.

Kurangi Penggunaan Suhu Rendah pada AC

Salah satu cara mengirit bahan bakar adalah dengan mengurangi penggunaan AC. Usahakan untuk menghindari suhu yang terlalu dingin di dalam kabin. Ketika pengemudi menggunakan AC dengan suhu 25 derajat celcius, maka penggunaan bahan bakar meningkat sekitar 12%.

Hindari Mesin Idle Terlalu Lama

Ketika mesin sedang menyala dalam kondisi idle selama 10 menit dalam kondisi netral dan AC dimatikan, maka dapat mengurangi 130cc bahan bakar. Oleh karena itu, hindari menyalakan mesin dalam keadaan idle terlalu lama.

Gunakan Engine Brake

Pengemudi disarankan untuk menggunakan engine brake secara postif. Dengan penggunaan engine break, mesin akan mengehentikan supply bahan bakar. Hal ini dapat membuat bahan bakar lebih irit sebesar 2%.

Mengemudi dalam Kecepatan Konstan

Salah satu cara untuk mengirit bahan bakar adalah dengan mengemudi pada kecepatan yang konstan. Kemudilah mobil dengan jarak yang cukup dan kecepatan yang aman sesuai dengan keadaan lalu lintas.

Periksa Tekanan Udara Ban

Pengecekan pada tekanan udara ban harus sering dilakukan. Kurangnya tekanan ban dapat membuat mobil menjadi lebih boros bahan bakar. Apabila tekanan udara ban berkurang 50 kPa (0.5 kg/cm2) dari tekanan normal, maka konsumsi bahan bakar angkat meningkat sekitar 2% – 4%.

Baca Juga : Lakukan Lima Hal Ini agar Sunroof Lebih Awet

Pantau Arus Lalu Lintas

Salah satu cara untuk mengirit bahan bakar adalah dengan memantau tempat yang terkena macet. Apabila mobil terjebak dalam macet selama 10 menit, maka konsumsi bahan bakar akan meningkat sebesar 14%. Oleh karena itu penting untuk pengemudi mencari tahu tingkat kepadatan lalu lintas. Caranya pun tentu mudah, pengemudi dapat melihat tingkat kepadatan pada aplikasi maps online.

Panaskan Mesin dengan Tepat

Waktu memanaskan mesin juga perlu diperhatikan. Usahakan untuk memanaskan mesin kurang lebih selama 3 menit atau ketika jarum penunjuk suhu mesin bergerak. Memanaskan mesin mobil terlalu lama dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Pada saat dipanaskan, mobil menggunakan 160cc bahan bakar.

Kurangi Barang Bawaan yang Berlebih

Batasi membawa barang berat pada mobil. Berkendara dengan membawa barang seberat 100kg dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar sebesar 3%.


Kembali ke atas