Ini 4 Cara Merawat Radiator Mobil Agar Awet

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 12 October 2018

Ini 4 Cara Merawat Radiator Mobil Agar Awet

Tips Radiator Mobil | Tips Mobil

Sebagai fungsi mendinginkan mesin, radiator berkaitan dengan sistem utama dari seluruh sistem yang ada pada cara kerja mesin mobil. Hindari kerusakan kecil radiator yang berdampak pada kerusakan besar pada mesin dengan cara merawatnya. Ini cara merawat radiator mobil agar tetap awet.

Periksa tutup radiator

Disarankan untuk tidak sering membuka tutup radiator. Untuk mengisi air maupun water cooler, isi di tabung infusnya saja. Perhatikan juga apakah pegas dan karet penyekat masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Karena jika keduanya bermasalah, maka bisa mengakibatkan meningkatnya temperatur mesin mobil.

Periksa selang radiator

Sebaiknya Anda rajin mengecek selang radiator secara berkala agar cepat diketahui masalah kebocoran dan kerentanannya secara cepat. Karena jika terlambat menggantinya saluran sirkulasi air akan terhambat atau pada kasus yang parah selang bisa saja sobek. Akibatnya cairan yang ada akan cepat terkuras sehingga temperatur mesin meningkat drastis. Jika hal ini sampai terjadi, biasanya mesin mobil akan mati dan terdengar suara yang menggelitik. Hal terparah, mesin akan bisa turun mesin.

Menggunakan cairan atau air radiator yang direkomendasikan

Cairan radiator atau coolant yang ideal memiliki angka konsentrat antara 20 persen sampai 50 persen. Dengan komposisi tersebut baru maksimal untuk mendinginkan mesin. Memang agak susah mendapatkan merek yang pas. Salah satu solusinya adalah dengan mencampur cairan radiator murni dari Prestone dengan air mineral. Tujuannya untuk mendapatkan angka tersebut, air mineral punya angka konsentrat 0 tinggal di oplos sampai ketemu angka 50 persen.

Jangan lupa menguras air radiator

Agar radiator berfungsi maksimal saat mendinginkan mesin, pengurasan tangki air radiator sangat diperlukan. Menguras air radiator berbeda-beda antara satu produsen mobil dengan yang mobil lainnya. Anda bisa membaca buku panduan yang sudah disediakan pihak produsen Mobil saat membelinya. Sebagai contoh misalnya pada Toyota Avanza, dimana pergantian air radiatornya setelah menempuh jarak 160 ribu km. Namun untuk pergantian pertama dan interval kedua di angka 80 ribu kilometer.

Jadi dengan terawatnya radiator mobil, pastinya akan menambah rasa nyaman dan aman ketika Anda melakukan perjalanan bersama keluarga dengan mobil kesayangan Anda. Selamat mencoba!


Kembali ke atas