Ini 5 Mobil Nasional yang Pernah Muncul di Indonesia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 23 May 2020

Ini 5 Mobil Nasional yang Pernah Muncul di Indonesia

momobil.id – Sebagian orang mungkin hanya mengenal produsen mobil asal luar negeri seperti Toyota, Honda, Suzuki, BMW, Mercedes Benz, atau lainnya. Namun tahukah bahwa Indonesia juga pernah memproduksi mobil? Mobil nasional Indonesia ini memang sudah ada sejak tahun 1990an. Ada banyak proyek mobil nasional, baik prototipe, maupun mobil yang diproduksi secara massal. Berikut adalah daftarnya.

Timor

Timor. (Sumber: wikipedia.org)

Salah satu mobil nasional yang berhasil dijual massal ke publik adalah Timor. Mobil yang diperkenalkan pada tahun 1996 ini sendiri naik daun setelah proyek Maleo gagal diwujudkan. Nama Timor sendiri diambil dari singkatan “Teknologi Industri Mobil Rakyat”. Timor mendapatkan kebebasan pajak dan biaya lainnya karena mobil tersebut diproduksi di Tanah Air, sehingga mobil Timor memiliki harga yang murah. Saat itu, KIA Motors memiliki andil dalam proyek Timor, karena mobil Timor adalah versi rebadge dari KIA Sephia yang dirakit secara lokal dengan komponen lokal. Generasi kedua yang didesain oleh Zagato sudah dipersiapkan namun batal dijual karena krisis moneter tahun 1998. Merek Timor pun lengser pada tahun 1998 karena adanya krisis moneter.

Bimantara

Bimantara. (Sumber: autonetmagz.com)

Bimantara merupakan proyek mobil nasional yang pernah dijual pada tahun 1990an bersama dengan Timor. Timor dan Bimantara memiliki kesamaan, yaitu sama-sama menggunakan produk Korea Selatan untuk mobilnya. Jika Timor merupakan versi rebadge dari KIA Sephia, maka Bimantara merupakan versi rebadge dari mobil Hyundai. Ada 2 mobil yang dijual Bimantara, yaitu Bimantara Cakra yang merupakan hasil rebadge dari Hyundai Accent dan Bimantara Nanggala yang merupakan versi rebadge dari Hyundai Elantra. Sama dengan Timor, Bimantara juga lengser pada tahun 1998 karena krisis moneter.

Maleo

Maleo. (Sumber: Mobilmotorlama)

Salah satu karya dari Presiden ketiga Indonesia, Alm. Bapak BJ Habibie ini muncul pada tahun 1996. Proyek Maleo ini dipatok untuk diproduksi dengan harga RP 30juta pada saat itu. Sebelum diproduksi, Maleo rencananya akan dipersenjatai mesin tiga silinder berkapasitas 1.200cc yang menggunakan mesin 2 tak dengan teknologi injeksi. Komponen pada mobil Maleo direncanakan 80% lokal, namun proyek ini terhenti ketika proyek Timor muncul.

Baca Juga : Usir Jenuh, Ini 6 Rekomendasi Film Tentang Mobil

Tucuxi

Tucuxi. (Sumber: wikipedia.org)

Prototipe mobil bernama Tucuxi muncul pada tahun 2012. Mobil ini merupakan karya dari Danet Suryatama, alumni ITS Surabaya dan University of Michigan. Danet adalah seorang mantan pegawai Chrysler yang memiliki pabrik mobil ElectrikCar di Michigan. Tucuxi sendiri merupakan mobil pesanan menteri BUMN pada saat itu, yaitu Bapak Dahlan Iskan. Dibalik kap mesinnya, mobil ini dipersenjatai baterai Lithium Iron Phosphate (LiFEPO4) yang bisa menempuh jarak sejauh 321km. Baterai ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 268hp.

Esemka

Esemka Rajawali. (Sumber: wikipedia.org)

Esemka merupakan pabrikan mobil nasional yang namanya sedang hangat di dunia otomotif Indonesia. Pabrikan mobil nasional ini pertama kali dicetuskan pada ahun 2007 dan berbasis di Solo. Pada awalnya, Esemka terkenal akan mobil Esemka Rajawali yang saat itu digunakan oleh walikota Solo, Bapak Joko Widodo sebagai kendaraan dinas. Samapi saat ini, Esemka telah mengeluarkan beberapa produknya, antara lain Esemka Rajawali R2, Esemka Bima, Esemka Borneo, Esemka Digdaya, dan Esemka Garuda.


Kembali ke atas