Ini Akibat Sembarangan Derek Mobil Listrik yang Mogok

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 24 January 2024

Ini Akibat Sembarangan Derek Mobil Listrik yang Mogok

momobil.id – Saat ini sebagian masyarakat sudah beralih menggunakan mobil listrik. Selain ramah lingkungan, mobil listrik juga memiliki perawatan yang mudah dan hemat bahan bakar. Meskipun demikian, mobil listrik juga bisa mengalami mogok layaknya mobil bermesin internal combustion engine (ICE).

Ada banyak penyebab umum yang biasanya mengakibatkan mobil listrik mogok. Antara lain baterai yang habis dan sistem kelistrikan yang bermasalah. Ketika mobil listrik mogok, pengguna tidak boleh asal derek. Ada hal yang perlu diperhatikan ketika menderek mobil listrik. Apabila tidak tepat, maka kerusakan pada mobil listrik akan bertambah.

Akibat Mobil Listrik Sembarangan Diderek

Kendaraan listrik menggunakan motor penggerak untuk memutar roda. Motor tidak dapat bekerja ketika mesin kendaraan dalam kondisi mati. Apabila mobil diderek sembarangan, sistem motor penggerak dapat mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan putaran roda pada mobil listrik membuat komponen transmisi dan motor ikut bergerak.

Baca Juga: Segera Lakukan Ini Jika Mobil Listrik Mogok di Jalan

Cara yang Tepat Derek Mobil Listrik

Meskipun memiliki bentuk yang serupa, mobil listrik memiliki penggerak yang berbeda jika dibandingkan dengan kendaraan bermesin ICE atau berbahan bakar minyak. Penanganan yang dilakukan untuk kendaraan listrik tentunya sedikit berbeda ketika mobil mogok.

Menurut Herry Bertus Windyarto selaku Deputy Head of Customer Service Division PT Sokonindo Automobile, ada baiknya untuk menggunakan derek flatbed ketika mobil listrik mogok. Penggunaan derek flatbed mampu mengurangi kerusakan pada motor penggerak ketika dipaksa atau diderek terlalu jauh. Hal ini dikarenakan posisi mobil dapat digendong sepenuhnya di atas truk derek.

“Kendaraan listrik menggunakan motor penggerak untuk memutar roda dan komponen ini tidak bisa bekerja apabila kendaraan dalam kondisi mati. Oleh sebab itu gunakan derek flatbed apabila kondisi kendaraan mogok, dan segera antarkan kendaraan ke bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan yang optimal dari mekanik kami yang sudah terlatih dan jaminan suku cadang yang original,” ungkap Herry dilansir dari oto.detik.com.

Sebelum menderek mobil listrik, ada baiknya memindahkan transmisi pada posisi D ke posisi N atau Netral. Hal ini dilakukan agar mobil dapat didorong menuju tempat yang lebih aman. Saat mobil berada di atas truk derek, pengemudi bisa memindahkan posisi tuas transmisi ke P agar roda terkunci.

mobil terkait

Rp 177.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 137.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 168.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 120.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 90.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas