Ini Alasan Mengapa Harga Mobil Sedan Bekas Premium Mahal

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 2 October 2018

Ini Alasan Mengapa Harga Mobil Sedan Bekas Premium Mahal

Tips Mobil | Mobil Sedan Bekas

Kelengkapan fitur, unsur keamanan yang memadai, model yang trendi, kesan mewah yang dihadirkan, merupakan bagian dari keunggulan mobil sedan premium. Sebagai produk yang mengedepankan kemutakhiran pada masanya, mobil sedan premium kaya akan pembaruan. Namun seiring berjalannya waktu, pembaruan itu toh akan menjadi kuno. Tetapi kenapa harga mobil sedan bekas premium pun masih relatif mahal? Apa alasannya?

Pengaruh pajak

Meski mobil sedan bekas, kategorinya masuk barang mewah. Semakin mahal mobil sedan, semakin mahal pula Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang harus Anda bayarkan setiap tahunnya. Pajak tersebut berlaku dengan nominal yang sama meski Anda membeli mobil sedan bekas. Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sedan saat ini sebesar 30%. Besaran pajak ini jauh melebihi pajak kendaraan MPV (multi-purpose vehicle) yang hanya sebesar 10%.

Fitur safety

Faktor lainnya yang membuat harga mobil sedan bekas premium bisa menjadi begitu mahal adalah fitur keamanannya yang tergolong lengkap. Minimal mobil sedan tersebut memiliki fitur dual airbag, sistem rem ABS, vehicle stability control, dan beberapa teknologi lainnya untuk menyempurnakan sensasi berkendaraan yang aman dan nyaman. Fitur safety wajib ada di mobil sedan premium dengan alasan teknologi otomotif terbaik disematkan padanya.

Modifikasi

Berbeda dengan mobil umum, modifikasi pada mobil sedan premium bekas justru menjadikan harga nilainya menjadi tinggi dan membuat mobil makin eksklusif. Modifikasi di mobil premium biasanya memakai komponen yang terjamin kualitasnya, sehingga tak heran pembeli mobil kelas premium biasanya lebih mengapresiasi hal tersebut.

Perbaikan dan spare part mahal

Kerusakan rentan terjadi pada mobil bekas. Maka pilihlah mobil sedan bekas tahun belakangan. Ini untuk mengurangi risiko tersebut karena mengingat suku cadang yang spesial didapat dan harganya pun turut mengikuti. Beli lah produk mobil sedan bekas premium yang after sales-nya bagus agar tidak sulit mendapatkannya. Masalah spare part ini juga yang membuat harga mobil sedan bekas premium menjadi mahal, dan biaya perawatannya tidak murah dibandingkan mobil yang lebih umum lainnya.

Memiliki mobil sedan premium meski bekas, akan memberikan sebuah nilai lebih dan prestise bagi pemiliknya. Kualitas kendaraan pun tidak perlu diragukan lagi, pasti lebih baik dibanding dengan segmen di bawahnya.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock


Kembali ke atas