Ini Alasan Toyota Yaris Cross Dibekali Baterai Lithium-Ion

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 17 May 2023

Ini Alasan Toyota Yaris Cross Dibekali Baterai Lithium-Ion

momobil.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja merilis SUV terbaru untuk pasar Indonesia, yakni Toyota Yaris Cross. Berada di segmen SUV 5-seater, Yaris Cross ditenagai dengan pilihan mesin bensin dan mesin hybrid. Untuk varian hybrid, Toyota Yaris Cross menggunakan baterai jenis lithium-ion. Lantas, apa alasannya?

Sebagai informasi, Yaris Cross merupakan SUV baru dari Toyota. Mobil ini memiliki ukuran yang cukup kompak dengan kabin yang lapang, serta mesin yang ramah lingkungan. Toyota Yaris Cross akan bersaing di kelas SUV segmen B yang sudah diisi oleh Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Yaris Cross dibekali dengan dua pilihan mesin. Varian bensin disematkan mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc yang berdaya 78 kW dan torsi 138 Nm. Untuk varian hybrid dibekali mesin 2NR-VEX dan baterai lithium-ion 0,7 kWh dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 78 hp dan torsi 141 Nm.

Yaris Cross menjadi kendaraan pertama Toyota di Indonesia yang menggunakan baterai jenis lithium-ion. Hal ini berbeda dengan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang menggunakan baterai Ni-MH dengan basis bahan nikel.

Baca Juga: Toyota Yaris Cross Resmi Hadir di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Alasan Yaris Cross Dibekali Baterai Lithium-Ion

Chief Engineer Toyota Yaris Cross, Toru Uda menjelaskan bahwa baterai lithium-ion memiliki beberapa kelebihan. Salah satu alasan pemilihan baterai jenis tersebut karena ukurannya bisa dibuat lebih kompak, namun dengan densitas energi yang setara dengan baterai lainnya.

“Baterai lithium-ion memang banyak keunggulan. Pertama kompak, kedua power dan responnya sangat baik. Jadi kami simpulkan yang paling tepat untuk model ini adalah lithium-ion. Ini adalah kombinasi yang tepat untuk hybrid Yaris Cross,” ucap Toru Uda dilansir dari Kompas.com.

Ukuran baterai yang kompak dapat memaksimalkan penggunaan ruang, sehingga ruang kabin Toyota Yaris Cross menjadi lebih lapang. Penempatan baterai di bawah bangku penumpang belakang juga tidak mengurangi kenyamanan kabin dan kapasitas bagasi dari kendaraan.

Selain ukurannya yang kompak, baterai lithium-ion juga memiliki keunggulan soal performa. Baterai jenis tersebut mampu bertahan dalam suhu kerja yang ekstrem. Power dan respon dari baterai lithium-ion juga lebih baik.

mobil terkait

Rp 131.000.000

Individu

TASIKMALAYA

Rp 128.000.000

Individu

TASIKMALAYA

Rp 141.000.000

Individu

TASIKMALAYA

Rp 129.000.000

Individu

TASIKMALAYA

Rp 119.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 155.000.000

Individu

TASIKMALAYA


Kembali ke atas