Ini Cara agar Terhindar dari Pemerasan Modus Tabrak Lari

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 31 January 2022

Ini Cara agar Terhindar dari Pemerasan Modus Tabrak Lari

momobil.id – Berbagai macam hal dapat terjadi ketika berkendara. Salah satu modus yang sedang viral saat ini adalah pemerasan yang berkedok modus tabrak lari di internet. Kejadian ini tentunya sangat merugikan, apabila pengemudi tidak memiliki bukti yang cukup untuk menunjukan tidak menabrak. Terlebih aksi pemerasan ini masih tergolong baru, kemungkinan besar pelaku melancarkan aksinya sangat tinggi. Oleh karena itu, berikut adalah tindakan preventif yang dapat dilakukan oleh pengemudi agar terhindar dari aksi ini.

Menjaga Kecepatan saat Berkendara

Salah satu cara mencegah kejadian yang tidak diinginkan terjadi adalah berkendara dengan kecepatan yang aman. Selain memilih rute dan waktu perjalan, pengemudi juga harus siaga terhadap keadaan jalan, khususnya jalan yang ramai dan banyak pejalan kaki. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Tips Mengatur Posisi Head Rest yang Ideal, Mampu Kurangi Potensi Cedera Fatal Ketika Kecelakaan

Jangan Panik dan Lapor ke Kantor Polisi Terdekat

Pemerasan dengan modus tabrak lari ini masih baru, sehingga pelaku lebih efektif untuk melakukan aksi kejahatan ini. Biasanya, masyarakat akan lebih mudah tersulut emosi tanpa mengetahui cerita dibaliknya. Oleh karena itu, pengemudi dan masyarakat tidak boleh panik dan provokasi sendiri. Disarankan untuk menanggapi masalah secara tenang. Apabila tidak ada bukti, pengemudi bisa lansung laporkan ke polis setempat. Pengemudi harus kooperatif dan tidak emosional dalam menghadapi hal ini. Selan itu, pengemudi mengarahkansemua yang terlibat ke kantor polisi untuk menyelesaikan masalah.

Gunakan Dashcam agar Terhindar dari Modus Tabrak Lari

Masih banyak pengemudi yang belum tahufungsi dari dashboard camera. Fungsi dari alat ini adalah untuk merekam kondisi sekitar mobil selama perjalanan sedang berlangsung. Hasil rekaman dashcam bisa menjadi bukti konkret apabila pengemudi mengalami modus pemerasan ini. Oleh karena itu, fungsi dashcam sangat penting guna menghadapi modus penipuan di jalan.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas