Ini Cara Mudah Melatih Teknik Parkir Paralel

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 21 April 2020

Ini Cara Mudah Melatih Teknik Parkir Paralel

momobil.id – Keterbatasan tempat parkir adalah hal yang sering terjadi ketika pergi ke tempat umum, terutama tempat yang ramai. Salah satu cara agar mendapatkan tempat parkir adalah dengan parkir paralel. Kesulitan dari parkir paralel adalah terbatasnya penglihatan dalam memarkir mobil. Dengan keterbatasan ini, sebagian pengemudi khususnya pengemudi pemula sering mengalami kecelakaan saat memarkir paralel. Oleh karena itu penting untuk mengetahui teknik parkir paralel yang tepat. Berikut adalah tips parkir paralel yang tepat agar terhindar dari kecelakaan.

Memperhatikan Area Parkir

Perhatikan area parkir dengan menoreh kebelakang terlebih dahulu. Jangan hanya mengandalkan kaca spion saja. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah mobil muat untuk diparkir pada area kosong tersebut. Untuk memulai parkir paralel, posisikan pilar B mobil sejajar dengan bumper belakang mobil depan. Pilar B sendiri adalah titik yang sejajar dengan keberadaan penyangga safety belt bagian depan mobil, dan merupakan titik tengah sebuah kendaraan.

Pahami Arah Belok

Sebelum memarkir mobil, pahami terlebih dahulu arah belok. Teknik utama yang harus dilakukan adalah membelokan setir terlebih dahulu sebelum mundur. Hal ini penting untuk dilakukan, mengingat mobil memiliki radius putar. Membelokan setir dapat mempersingkat radius putar mobil dan memudahkan mobil untuk diparkir. Kemudian, pindah tuas pernseling ke R lalu mundur secara perlahan. Perhatikan ban depan mobil, ketika ban sudah sejajar dengan bumper belakang mobil depan, maka putar setir ke arah berlawanan. Sesuaikan putaran stir dengan ruangan parkir yang tersedia.

Kendalikan Kecepatan Menggunakan Rem

Rem merupakan komponen utama dalam memarkir mobil. Rem sangat membantu, terlebih ketika pedal gas diinjak terlalu keras. Hal ini sangat penting guna mencegah mobil menabrak bendaa di bagian depan dan belakang. Usahakan untuk menginjak rem secara teratur selama memarkirkan mobil.

Baca Juga : Cara Menyetir Stop and Go di Tanjakan agar Tidak Mundur Sendiri

Perhatikan Bagian Depan Belakang

Kondisi bagian depan dan belakang kendaraan harus diperhatikan selama memarkir mobil. Perhatikan bagian depan agar tidak menabrak mobil di depan. Perhatikanlah bagian belakang dengan kaca spion saat mundur. Fokuslah melihat kaca spion agar menghindari tabrakan saat memarkir mobil.

Hindari Rasa Tegang dan Terburu-buru

Parkir mobil secara paralel akan terasa lebih mudah ketika pengemudi melihat keadaan sekitar dengan baik. Oleh karena itu, pengemudi tidak boleh panik dan terburu-buru. Pastikan menggunakan teknik parkir paralel yang tepat agar terhindar dari kesulitan dan bisa menghemat waktu memarkir mobil.



Kembali ke atas