Ini Cara Tidur yang Nyaman di Mobil Tanpa Menyalakan AC

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 17 March 2022

Ini Cara Tidur yang Nyaman di Mobil Tanpa Menyalakan AC

momobil.id – Ketika sedang berkendara jarak jauh, seringkali pengemudi merasa lelah dan memberhentikan mobilnya untuk tidur sebelum melakukan perjalanan kembali. Biasanya, pengemudi menyalakan AC saat tidur di dalam mobil karena alasan kenyamanan. Namun, perlu diketahui bahwa tidur di dalam mobil saat AC dinyalakan memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan. Bagaimana cara tidur yang nyaman di dalam mobil tanpa menyalakan AC?

Perlu diketahui bahwa tidur di dalam mobil saat keadaan AC menyala dapat membuat pernapasan bermasalah. Hal ini disebabkan oleh minimnya oksigen, dan meningkatnya gas CO dalam kabin saat AC dinyalakan. Gas CO dapat membuat kadar oksigen dalam tubuh berkurang, sehingga pengemudi dapat merasakan lesu, mengantuk, kelelahan, mual atau detak jantung cepat. Peran oksigen sangat penting bagi tubuh, sehingga tidur menggunakan AC mobil berdampak buruk terhadap kesehatan. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips nyaman tidur tanpa menggunakan AC di mobil.

Baca Juga: Tips Mengatur Posisi Mengemudi agar Nyaman Saat Berkendara

Buka Jendela Sedikit Ketika Tidak Menggunakan AC

Marcell Kurniawan selaku Director Training The Real Driving Center (RDC) mengatakan saat tidur di dalam mobil, sebaiknya AC dimatikan. Pengemudi disarankan untuk membuka jendela mobil sedikit, atau sekitar 5 cm. Hal ini bertujuan agar oksigen dari luar masuk ke dalam mobil, sehingga mengurangi tingkat gas CO dalam mobil.

“Jika ingin tidur di dalam mobil jangan menyalakan AC. Pastikan posisi parkir mobil berada di tempat aman dan buka jendela selebar 5cm.” ujar Marcell dilansir dari Kompas.com.

Carilah Tempat yang Aman untuk Beristirahat

Meskipun disarankan untuk membuka kaca mobil sedikit ketika tidur di dalam mobil, namun hal tersebut juga sangat beresiko, apalagi ketika mobil di parkir di tempat yang tidak aman. Kaca mobil yang dibiarkan terbuka dapat memberikan kesempatan bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan kriminal. Oleh karena itu, pengmeudi disarankan untuk memilih tempat yang aman dan ramai untuk memarkir mobil. Hal ini dapat mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas