Segera Bersihkan Mobil Jika Terkena Kotoran Burung, Ini Alasannya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 June 2020

Segera Bersihkan Mobil Jika Terkena Kotoran Burung, Ini Alasannya

momobil.id – Kotoran burung memiliki semacam zat asam yang tinggi dan bisa bereaksi terhadap lapisan pernis atau clear coat pada warna cat mobil. Jika terlalu lama dibiarkan, zat asam inilah yang akan mengikis lapisan pernis dan efeknya bisa membuat kualitas cat mobil menurun, kusam, bahkan mengelupas.

Jika sudah terkena kotoran burung maka pemilik mobil sebaiknya segera membersihkannya guna menjaga kualitas warna cat kendaraan. Membersihkannya bisa dengan air atau menggunakan tisu basah. Namun direkomendasikan menggunakan air mengalir dan segera dikeringkan menggunakan lap microfiber setelah bersih.

Mengapa sebaiknya segera membersihkan mobil jika terkena kotoran burung atau getah pohon? Hal ini karena kotoran burung atau getah pohon memiliki asam yang tinggi dan cepat menyerap. Sehingga jika dibiarkan akan semakin sulit hilang. Jadi, pemilik mobil lebih baik langsung membersihkannya ketika sampai di rumah.

Adapun lantaran kotoran burung memang memiliki dampak negatif pada cat mobil, Ford mulai memanfaatkannya untuk menguji kualitas cat pada mobil. Seperti dilansir Jawapos.com, perusahaan otomotif asal Amerika Serikat itu kabarnya menciptakan kotoran burung buatan untuk keperluan riset.

Baca juga: Tahapan Mencuci Mobil yang Benar agar Tidak Ada Baret Halus

Ford dan para pembuat mobil lainnya telah menggunakan kotoran burung buatan untuk menguji cat bereaksi terhadapnya dalam skenario yang berbeda. Ford membuat beberapa jenis kotoran karena komposisinya bervariasi dari satu negara ke negara lain. Itu karena tergantung apa yang dimakan burung dan mempengaruhi komposisi kotoran yang dihasilkan.


Kembali ke atas