Ini Dampak Mencampur Oli Mesin Sembarangan

Ditulis oleh : redaksi | 30 January 2020

Ini Dampak Mencampur Oli Mesin Sembarangan

momobil.id – Pelumas oli untuk mobil cukup banyak jenisnya di Indonesia. Sejumlah oli terbaru di pasaran menawarkan keunggulannya masing-masing. Meski begitu, fungsi utama dari oli mobil adalah melumasi jeroan mesin supaya tetap berjalan mulus, meminimalisir gesekan antar logam yang dapat menyebabkan keausan dan tetap menjadi pendingin mesin kendaraan.

Walaupun fungsi oli mobil sama, oli tidak boleh dicampur satu sama lain meski penggantiannya dalam kondisi yang sama baru. Hal ini diutarakan Benny W Liem selaku Assistant Sales Manager Aftermarket AISIN Asia Indonesia.

Oli tidak boleh dicampur karena alasan tertentu. Sebagai contoh, awalnya menggunakan oli brand A namun selanjutnya beralih ke brand B. Dua zat ini tentunya berbeda satu sama lain, karena konsumen tidak mengetahui bahan kimia apa yang dipakai di dalamnya. Ada kemungkinan menimbulkan reaksi kimia yang berbeda, karena berasal dari zat aditif yang berbeda.

Benny pun juga menjelaskan, apabila si pemilik kendaraan sering melakukan kombinasi dalam pencampuran oli maka tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan kerusakan pada mesin kendaraannya. Kendaraan pun bisa jadi mati total dan perlu dilakukan pembongkaran pada mesinnya.

Mesin mobil mati yang terjadi akibat adanya reaksi kimia yang berasal dari zat kimia dengan jenis berbeda. Hal inilah yang akan menimbulkan kotoran sehingga menjadikan bagian mesin mobil mengalami macet atau terhambat.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja Drive by Wire Pada Mobil

Benny menambahkan, dalam mengganti oli harus dilakukan pengurasan secara detail sehingga benar-benar bersih. Cara cepatnya yakni dengan menyemprotkan angin kemudian didiamkan supaya oli bisa mengalir keluar secara keseluruhan. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada lagi sisa oli lama yang masih menempel di bagian dinding mesin mobilnya.

Pada penggunaan oli filter, apabila telah dilakukan penggunaan sekali disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Jika ingin lebih berhemat lagi, lakukan perbandingan 2:1 yang artinya dua kali melakukan penggantian oli dan satu kali memakainya.

Nah, itulah informasi mengenai dampak mencampur oli mesin secara sembarangan. Semoga penjelasan singkat ini bisa bermanfaat.(Dwi Septi)



Kembali ke atas