Arti Warna Plat Nomor Kendaraan Mobil Di Indonesia

Ditulis oleh : admin | 1 March 2017

Arti Warna Plat Nomor Kendaraan Mobil Di Indonesia

Sejak diberlakukannya sistem ganjil genap di daerah Jakarta, sepertinya orang-orang mulai lebih memperhatikan plat nomor baik di kendaraan pribadi maupun kendaraan orang lain. Jika kita melihat dengan baik maka kita akan sering menemukan plat nomer dengan warna yang berbeda dari biasanya, mungkin ada beberapa warna plat nomor yang sudah Anda ketahui perbedaannya, tetapi ada juga beberapa plat nomor kendaraan dengan plat-plat biasanya yang mungkin belum Anda ketahui peruntukannya. Untuk itu yuk kita lihat ulasan arti warna plat nomor kendaraan.

Baca Juga : Apakah Arti Dari Kode SAE Pada Oli Mesin?

Plat Nomor Hitam Dengan Tulisan Putih

Arti Warna Plat Kendaraan
Source: blogspot.co.id

Plat nomor hitam pastinya plat nomor yang Anda miliki, karena plat nomor ini diperuntukkan bagi warga sipil yang memilki kendaraan pribadi. Nomor kendaraan diacak secara random kecuali ada permintaan khusus. Ada juga pengecualian dalam plat nomor hitam ini, akan ada tanda khusus jika pemilik mobil itu adalah Presiden sehingga plat mobil akan dihiasi dengan huruf RI 1 dan juga pejabat-pejabat negara lainnya dengan kode-kode tertentu. Itulah arti warna plat nomor kendaraan berwarna hitam.

Plat Nomor Merah Dengan tulisan putih

merah
Source: Google

Plat nomor ini juga sering ditemui di jalan raya ketika sedang berkendara, lalu apa sih arti warna plat nomor merah ini? Plat merah diperuntukkan bagi kendaraan dinas milik pemerintah. Artinya hanya orang-orang yang bekerja untuk pemerintah yang akan mendapatkan warna merah pada plat nomornya.

Plat Nomor Kuning Dengan Tulisan Hitam

kuning
Source: Google

Plat nomor ini tentunya sudah Anda ketahui peruntukkannya, Kendaraan umum baik angkutan, taksi, bus, dan lainnya menggunakan plat warna ini untuk menunjukkan identitas kendaraannya.

Plat Nomor Putih/Merah Dengan Tulisan Hitam

putih
Source: Gogle

Jika Anda pernah melihat plat nomor ini di jalan raya maka pemiliknya adalah orang-orang yang bekerja pada kedutaan asing yang biasanya diawali dengan dua digit huruf CD atau CC. Jadi tidak bingung lagi kan melihat arti warna plat nomor kendaraan yang satu ini.

Plat Nomor Hijau Dengan Logo Bintang

img04568-20111001-1438-1edit
Source: kaskus.co.id

Dengan hiasan logo berbintang di sisi kanannya, pasti Anda bisa menebak bahwa pemilik kendaraan ini adalah anggota dari TNI yang biasanya dilengkapi dengan aksesoris lampur berwarna biru dan juga klakson yang membuat kita minggir jika di jalan raya.

Plat Nomor Putih Dengan Tulisan Merah

slide3
Source: Google

Bagi Anda yang memiliki kendaraan baru tentunya Anda pasti tahu fungsi dari plat ini, plat berwarna putih dengan tulisan merah diperuntukkan bagi kendaraan baru sebagai Tanda Coba Kendaraan Bermotor atau TCKB sebagai plat sementara agar kendaraan baru Anda dapat digunakan untuk berjalan.

Plat Nomor Putih Dengan Tulisan Biru

gsoepriyanto-compressed
Source: indotrucker.com

Plat nomor ini digunakan bagi kendaraan asing non-diplomat sebagai Tanda Nomor Registrasi Pengoperasian atau TNRP , khususnya untuk angkutan antar negara atau kegiatan yang bertaraf internasional.

Plat Nomor Berwarna Hitam Dengan 5 Digit dan 2 Digit Dibelakangnya Menggunakan Sub-Heading

cd37
Source: wordpress.com

Plat nomor ini jarang sekali terlihat di jalan raya, ternyata plat nomor ini digunakan oleh staf operasional diplomatik negara asing.

Bagaimana? Masih bingung dengan arti warna plat nomor kendaraan yang sering Anda temui? Dengan adanya informasi ini Anda akan tahu fungsi dan peruntukkan plat nomor mobil sesuai dengan warna dan digitnya. Penting juga bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, Anda perlu memperhatikan surat-surat serta plat nomor mobil agar terhindar dari penipuan atau hal-hal yang kemungkinan tidak diinginkan. Semoga dapat menambah wawasan Anda ya!

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas