Awas Limbung! Ini Efek Negatif Ban Kelebihan Tekanan Angin

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 18 June 2020

Awas Limbung! Ini Efek Negatif Ban Kelebihan Tekanan Angin

momobil.id – Ban yang kurang angin memang tidak bagus karena membuat tarikan mesin berat sehingga boros BBM dan bisa merusak ban itu sendiri. Namun ban mobil dengan tekanan angin berlebih juga tidak bagus lantaran memiliki beberapa efek negatif yang bisa dirasakan ketika berkendara.

Tekanan angin ban mobil yang ideal sebaiknya selalu berpatokan pada anjuran pabrikan. Angka ideal tekanan angin tersebut biasanya terdapat di pilar pintu bagian dalam kursi pengemudi. Beberapa model mobil ada yang angka tekanan anginnya sama untuk keempat ban, namun ada juga yang berbeda angkanya antara ban depan dan ban belakang.

Jika efek kurang angin pada ban sudah banyak diketahui orang, lalu apa dampak negatif pada ban yang kelebihan tekanan angin? Setidaknya ada tiga dampak negatif pada ban yang kelebihan tekanan udara.

Efek negatif pertama, ban yang kelebihan tekanan udara akan membuat mobil tidak stabil kala dikemudikan, terutama pada kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan tapak ban yang menyentuh permukaan jalan mengecil dan berpotensi menyebabkan slip.

Efek negatif kedua, ban yang terlalu padat karena tekanan udara berlebih akan membuatnya tak bisa menyerap getaran. Hal ini akan berakibat pada bantingan keras yang dialami pengendara dan penumpang ketika melewati permukaan yang tidak rata. Dengan tekanan udara yang ideal, ban akan memiliki daya redam layaknya shock breaker sehingga mampu meminimalisir kerasnya bantingan.

Baca juga: MG Tawarkan Kualitas Pelayanan Standar Inggris untuk Konsumen di Indonesia

Sedangkan efek negatif ketiga, permukaan akan cepat aus, terutama pada bagian tengah. Hal ini dikarenakan porsinya yang lebih banyak bergesekan dengan permukaan jalan karena tekanan udara dalam ban terlalu penuh.

Karena itu, ketika menambahkan tekanan angin, upayakan agar selalu sesuai dengan anjuran pabrikan. Hindari mengisi ban dengan tekanan udara berlebih, dan segera tambah jika tekanan udara dalam ban sudah mulai berkurang dari angka standar pabrikan. Tekanan udara yang ideal pada ban akan berpengaruh pada performa mobil itu sendiri dan tentunya akan berdampak pada kenyamanan ketika berkendara.


Kembali ke atas