Ini Fungsi Lampu Kuning pada Bagian Atas Taksi

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 22 April 2024

Ini Fungsi Lampu Kuning pada Bagian Atas Taksi

momobil.id – Taksi menjadi salah satu alternatif transportasi umum yang sering digunakan oleh masyarakat. Pada umumnya, setiap taksi memiliki lampu mahkota dan lampu kuning kecil di sampingnya pada bagian atap. Lantas, apa fungsi dari lampu kuning pada bagian atas taksi tersebut?

Lampu kuning kecil pada bagian atap taksi bukan hanya sekedar hiasan. Komponen tersebut memiliki fungsi penting, terutama pada saat situasi genting. Fitur ini didesain untuk kemanan dan kenyamanan dari pengemudi dan penumpang taksi.

Ketika ada situasi yang tidak diinginkan, misalnya ada penjahat yang melakukan tindak kriminal ketika di dalam taksi, pengemudi akan menekan tombol emergency yang tersembunyi pada kabin taksi.

Saat tombol emergency dinyalakan, lampu kuning kecil pada bagian atap akan menyala dan menyatakan bahwa taksi tersebut dalam bahaya. Pengemudi taksi lain diinstruksikan untuk mendekati taksi dengan lampu kuning yang menyala. Tidak hanya lampu, tombol emergency juga akan menyalakan alat perekam suara yang berada di dalam kabin taksi. Alat ini akan merekam kondisi percakapan dalam kabin yang bisa didengar oleh operator kantor pusat secara langsung.

Baca Juga: Sebelum Beli Mobil Bekas Taksi, Cek Dulu Bagian-bagian Ini

Selain itu, lampu emergency pada kantor pusat perusahaan taksi tersebut akan menyala dan GPS di kantor pusat menunjukkan keberadaan taksi yang menyalakan lampu kuning tersebut. Informasi mengenai situasi taksi akan terlaporkan ke sistem untuk segera ditindaklanjuti.

Itulah fungsi dari lampu kuning yang terdapat pada bagian atas taksi. Apabila menemukan taksi dengan lampu kuning yang menyala, segera catat pelat nomor atau kode dari taksi tersebut dan laporkan pada pihak berwenang. Kamu juga bisa mengikuti taksi tersebut sampai berhenti atau hingga jelas situasinya.

mobil terkait

Rp 130.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 232.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

JEMBER

Rp 198.000.000

Individu

JEMBER

Rp 230.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 195.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas