Bukan Sekadar Sandaran Kepala, Ini Fungsi Utama Headrest

Ditulis oleh : redaksi | 24 January 2020

Bukan Sekadar Sandaran Kepala, Ini Fungsi Utama Headrest

momobil.id – Headrest ataupun sandaran kepala adalah salah satu komponen yang pasti ada di setiap jok pengemudi mobil. Komponen ini memang terlihat sederhana namun memiliki kegunaan yang sangat besar. Salah satu fungsinya bisa mencegah terjadinya benturan kepala di bagian belakang. Walaupun demikian, kebanyakan para pengendara masih beranggapan bahwa adanya headrest hanya sekedar aksesori untuk menambah kenyamanan semata.

Banyak orang yang masih belum memahami fungsi headrest. Sebenarnya headrest sendiri adalah akronim dari head restraint yang artinya penahan kepala, jadi bukan digunakan untuk sandaran saja (rest). Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Jusri Pulubuhu, Pendiri dan Instruktur Defensive Driving Consulting (JDDC)

Dengan adanya headrest pada setiap jok mobil tentunya akan sangat berguna agar menghindari terjadinya whiplash atau cedera pada leher yang bisa saja terjadi saat terjadi tabrakan atau kecelakaan. Kecelakaan tersebut bisa memungkinkan adanya pergerakan kepala di bagian depan kemudian ke bagian belakang secara dadakan.

Cara mengatur headrest

Ilustrasi headrest
Ilustrasi headrest

Meskipun telah terpasang di setiap joknya, bukan berarti para penumpang yang berada di dalam mobil tak memerlukan pengaturan pada headrest. Sebaiknya headrest disesuaikan pada postur badan agar dapat menjalankan fungsinya secara baik.

Umumnya pada berbagai jenis mobil, headrest bersifat adjustable atau bisa diatur sendiri. Sehingga walaupun bersifat adjustable tetap perlu memasang headrest sesuai dengan aturan keselamatan agar berkendara bisa lebih nyaman.

Dalam penyetelan headrest usahakan jangan sampai pada bagian atasnya ada di bawah telinga. Jika dirasa terlalu tinggi, atur tingginya dengan baik dan pastikan tingginya paling tidak harus sejajar dengan telinga.

Baca Juga: Mobil Menunjukkan Tanda Ini, Artinya Sudah Waktunya Ganti Baru

Jusri Pulubu menyarankan, usahakan jangan memberikan aksesori tambahan berupa bantal yang beraneka ragam bentuknya pada headrest. Hal tersebut akan menghambat kinerja dari headrest itu sendiri, malahan bisa berakibat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Jadi lebih utamakan keselamatan ketika Anda sedang berkendara di jalan raya dan tetaplah untuk mematuhi stiap peraturan lalu lintas yang ada.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penggunaan headrest beserta fungsinya secara benar yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat! (Dwi Septi)

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas