Ini Jenis-jenis Ban Pada Mobil

Ditulis oleh : admin | 17 January 2017

Ini Jenis-jenis Ban Pada Mobil

Setiap kendaraan motor atau mobil pasti terdapat roda agar kendaraan bisa berjalan dengan mulus. Ban pada kendaraan mempunyai fungsi yang vital, ban ibarat alas kaki, dan velg ibarat kaki kita. Ban kendaraan pada mobil sendiri dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu ban tubeless, ban biasss, ban radial, dan ban RFT (Run Flat Tire). Jenis-jenis ban ini ada disekitar kita, tetapi kita tidak bisa mengetahui perbedaanya, maka kita kita tidak tahu jenis ban apa yang digunakan. Kita akan mengulas perbedaan jenis-jenis ban tersebut:

Jenis Ban Pada Mobil
Source: genhomtour.com

1. Ban Tubeless

Rata-rata hampir semua mobil sekarang telah menggunakan ban tubeless. Ban tubeless adalah ban yang dirancang khusus yang dapat menahan udara tanpa menggunakan ban dalam. Ban tubeless dilengkap dengan lapisan dalam untuk menhindari adanya kebocoran udara, sehingga ketika ban tertusuk oleh benda taja, maka ban ini tidak langsung kempes karena tread dan linernya akan mencangkeram benda tajam tersebut dengan kuat, sehingga tidak ada udara yang keluar dari ban.

Baca Juga : Apa sih Arti Kode Pada Ban dan Bagaimana Cara Membacanya?

2. Ban Radial

Ban Radial adalah ban yang terbuat dengan lapisan serat yang arahnya menyilang pada lingkar ban. Ban ini biasa digunakan untuk mobil berpenumpang dan truk ringan, jarang digunakan untuk kendaraan berat seperti tronton.

3. Ban Bias

Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Ban ini dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban itu sendiri. Ban bias panasnya kebih tersentral di tengah, karena ketika ban menyentuh jalanan ben tertekan ke arah depan dan belakang, berbeda dengan ban radial yang tertekan ke arah kanan dan kiri.

4. Ban RFT (Run Flat Tyre)

Ban Run Flat Tyre adalah ban yang dapat berjalan dengan aman pada kecepatan tertentu walau tanpa angin / kempes. Ban-ban konvensional akan kempes cepat dan tercabik-cabik bila pengemudi meneruskan perjalanannya. Ban RFT dapat dipakai dalam keadaan tekanan 0 sampai 80km dengan kecepatan maksimum 80km/jam. Tetapi kekurangan dari ban RFT ini adalah harganya yang 2-3 kali lipat lebih mahal dari ban biasa.

Dan itu lah beberapa jenis-jenis ban pada mobil, semoga dengan adanya informasi ini, anda dapat dengan jeli membedakan ban mobil, dan anda dapat memilih ban sesuai kebutuhan anda dan mobil sehingga jalan mobil pun akan lebih nyaman dan membuat Anda sampai tujuan dengan selamat.

mobil terkait

Rp 245.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 140.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 175.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 303.000.000

Individu

DEPOK

Rp 305.000.000

Individu

DEPOK

Rp 155.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas