Jangan Salah, Ini Jenis Lampu Mobil yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

19 November 2019

Jangan Salah, Ini Jenis Lampu Mobil yang Perlu Diketahui

momobil.id – Lampu mobil adalah salah satu bagian terpenting dari kendaraan. Selain berfungsi sebagai penerangan, lampu mobil juga turut menunjang keselamatan berkendara. Namun pemilik mobil harus mengetahui bahwa penggunaan lampu mobil juga ada aturannya. Karena itu, pemilik mobil tidak boleh mengubah lampu mobil seenaknya. Agar lebih paham tentang berbagai jenis lampu mobil, berikut penjelasan mengenai jenis lampu mobil yang perlu diketahui.

Lampu senja

Lampu senja membantu penglihatan pengemudi ketika cuaca tak begitu cerah. Lampu senja juga biasanya digunakan pada siang hari ketika cuaca mendung. Hal ini bertujuan untuk membantu pengemudi lain mengetahui bahwa ada mobil lain yang lewat. Letak lampu senja ada di head lamp.

Lampu senja akan menyala pertama kali saat memutar saklar lampu utama. Di mobil modern, lampu senja telah diganti dengan DRL atau daytime running lights. DRL biasanya lebih futuristik dengan pencahayaan LED.

Lampu tail (stop lamp)

Lampu tail atau stop lamp terletak di belakang mobil. Lampu ini juga menyala saat lampu senja dinyalakan. Hal ini menunjukkan bahwa lampu tail memiliki saklar yang terhubung dengan lampu lampu senja. Fungsi utama lampu tail adalah untuk membantu pengemudi lain di belakang untuk mengetahui keberadaan mobil di depannya.

Cahaya lampu tail bewarna merah agak redup. Umumnya, lampu tail menggunakan bohlam filamen lumen ganda.

Lampu dekat

Lampu dekat adalah lampu utama untuk menerangi jalan di area depan mobil. Sesuai namanya, jangkauan lampu dekat hanya berkisar kira-kira di bawah lima meter. Lampu ini digunakan saat mobil melewati daerah ramai, daerah pemukiman dan daerah yang memiliki pencahayaan yang memadai.

Lampu jauh

Sama halnya dengan lampu dekat, lampu jauh juga berfungsi sebagai lampu utama pencahayaan. Hanya saja jangkauan lampu jauh lebih tinggi dan dapat mencapai sepuluh meter. Karena itu, lampu jauh sering digunakan di daerah yang minim pencahayaan. Untuk menambah jangkauan pencahayaan, ada tambahan kepala lampu reflektor di dalam kotak lampu jauh.

Lampu kabut

Lampu kabut digunakan untuk menerangi area jalan yang berkabut. Seperti namanya, lampu ini membantu pengemudi melihat jalan yang tertutupi oleh kabut. Untuk menerangi jalanan yang berkabut, lampu kabut dipasang di bawah bumper dengan cahaya kuning terang.

Selain di bagian depan, beberapa mobil juga dilengkapi dengan lampu kabut di bagian belakang dengan sinar merah terang. Fungsinya adalah untuk menunjukkan kepada pengemudi di belakang ketika mobil berada di area berkabut.

Lampu rem

Fungsi lampu rem adalah untuk menunjukkan kepada pengemudi di belakang mobil sedang mengerem. Cahaya merah pada lampu rem bersinar lebih terang daripada lampu tail. Sehingga ketika lampu rem menyala, pengemudi di belakang juga bersiap untuk mengerem.

Lampu sein

Fungsi lampu sein adalah untuk memberikan sinyal kepada pengguna mobil lainnya bahwa mobil berbelok ke satu arah. Cahaya lampu sein berwarna kuning yang identik dengan peringatan dan hati-hati. Ketika mobil akan berbelok, lampu sein akan bekedip-kedip.

Lampu Hazard

Tak jauh berbeda dengan lampu sein, lampu hazard juga memiliki cahaya kuning dan berkedip-kedip ketika menyala. Hanya saja lampu hazard akan mengedipkan keempat lampu sein (kanan kiri) secara bersamaan. Fungsi lampu hazard adalah sebagai tanda bahaya, atau menandakan bahwa mobil sedang berada pada kondisi darurat.

Lampu mundur

Lampu mundur menyala ketika mobil akan bergerak mundur. Lampu ini terletak di bagian belakang mobil, dengan cahaya kuning keputihan. Lampu mundur akan menyala secara otomatis ketika sahabat momobil memindahkan tuas transmisi ke posisi mundur.

Sumber gambar: Liveabout

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas