Ini Kesalahan Pengemudi saat Keluar Jalan Tol

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 22 May 2022

Ini Kesalahan Pengemudi saat Keluar Jalan Tol

momobil.id – Jalan tol menjadi salah satu jalan alternatif bagi pengendara untuk menyingkat waktu dan jarak tempuh. Kondisi jalan tol tentunya berbeda dibandingkan dengan jalanan biasa. Kendaraan melaju lebih cepat di jalan tol. Meskipun demikian, banyak pengemudi yang belum paham soal etika mengemudi di jalan tol. Terlebih ketika saat hendak keluar jalan bebas hambatan tersebut. Apa saja kesalahan pengemudi saat keluar jalan tol?

Terlalu Pelan Sebelum Lajur Keluar Tol

Salah satu kesalahan yang dilakukan pengemudi ketika keluar dari jalan tol adalah terlalu pelan saat di mulut keluar tol. Saat hendak keluar tol, banyak pengemudi yang sudah mengurangi kecepatan, sehingga pengemudi lain di lajur satu ikut mengurangi kecepatan mobil. Padahal, lajur tersebut masih masuk ke dalam lajur bebas hambatan.

Mengurangi Kecepatan Terlalu Ekstrim saat di Exit Tol

Saat keluar tol, seringkali pengemudi mengurangi kecepatan terlalu ekstrim. Hal ini tentu sangat berbahaya, apalagi ketika jalan tol dalam kondisi ramai. Mengurangi kecepatan secara ekstrim dapat membuat kemacetan pada lajur sebelumnya. Selain itu, hal ini juga berpotensi mengakibatkan tabrakan.

Baca Juga: Kenali Etika Berkendara yang Tepat di Jalan Tol

Nekat Menyalip Ketika Keluar Tol

Masih banyak pengemudi yang nekat menyalip jalur lain ketika sedang keluar jalan tol. Apabila ada dua lajur, maka tidak dipermasalahkan. Namun, apabila lajur keluar tol hanya satu, maka kendaraan harus antre. Menyalip sembarangan dapat berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

Selain hal tersebut, masih ada etika yang jarang diketahui oleh pengguna jalan tol. Misalnya, ketika sedang melewati exit jalan tol namun tetap ingin lurus. Biasanya pengemudi tidak berpindah lajur, namun sebaiknya pengemudi harus pindah ke lajur dua atau paling tengah. Lajur paling kiri saat melewati exit tol merupakan lajur yang digunakan untuk kendaraan yang transisi menuju jalan keluar tol.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas