Ini Panduannya Kalau Mau Beli Mobil Bekas Murah Budget Rp. 100 Jutaan

Meskipun ada mobil baru dengan harga Rp100 jutaan, masih banyak orang yang lebih tertarik membelanjakannya untuk mendapatkan beli mobil bekas murah idamannya. Jarak tahun yang ideal untuk membeli mobil bekas murah dengan kocek tersebut adalah yang di bawah 10 tahun.

Pasalnya, perkembangan teknologi yang kian pesat menyebabkan produsen otomotif semakin giat meluncurkan produk - produk baru dengan teknologi, baik mesin maupun fitur, yang lebih canggih. Hal tersebut juga mengakibatkan semakin cepat turunnya harga mobil bekas.

Selain alasan tersebut, banyak juga pertimbangan lain mengapa beberapa orang memilih membeli mobil bekas ketimbang keluaran baru. Beragam mobil yang sudah melegenda dari merk - merk tertentu juga menjadi faktor larisnya deretan mobil bekas di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri bahwa merk juga menjadi pertimbangan yang cukup signifikan ketika akan membeli mobil baru maupun bekas. Masalahnya, tidak semua merk ternama memiliki nilai jual kembali yang cukup tinggi, terlebih pada merk mobil eropa.

Pada pasaran mobil bekas pun, pabrikan Asia dan Jepang masih menduduki peringkat atas. Belum lagi mobil bekas dengan model atau desain yang memiliki image keren di mata pecinta otomotif, tentu memiliki nilai plus dan daya tarik tersendiri.

Hal lain yang juga menjadi perhatian selain desain dan model adalah efisiensi pemakaian mobil tersebut. Mulai dari tahun 2000 -an hingga 2012, segmen MPV masih merajai bursa otomotif bekas dengan harga yang terjangkau. Namun belakangan, dengan munculnya mobil LCGC yang penggunaannya sangat ekonomis berhasil menggeser pamor mobil MPV dari tangga pasar mobil bekas.

Kehadiran mobil LCGC juga memberi angin segar bagi para pemburu mobil bekas, karena harga baru mobil tersebut pun lebih murah, sehingga memaksa pasar mobil bekas menurunkan harga jual mereka.

Lantas, apa saja mobil bekas di tahun 2019 ini yang memiliki harga jual dibawah Rp100 juta dengan peminat yang banyak dan kualitas yang masih mumpuni? Simak ulasannya berikut ini.

  • City Car

Kelasan yang satu ini memiliki beragam jenis mobil, termasuk salah satunya adalah mobil LCGC. Dari jenis tersebut yang diproduksi mulai tahun 2014 dan 2015 masih memiliki kisaran harga Rp100 juta. Sedangkan jenis lainnya yang lahir di tahun 2012 sampai 2014, seperti Nissan March, Kia Picanto, Mitsubishi Mirage, Hyundai i10 dan Toyota Etios dipatok dengan harga mulai dari Rp. 41 jutaan.

  • Hatchback

Salah satu mobil dengan model yang paling diminati di Indonesia, khususnya di ibu kota Jakarta ini menyajikan berbagai macam pilihan mobil bekas dengan harga Rp100 juta. Dengan budget tersebut Anda bisa mendapatkan Mazda2, Honda Jazz keluaran 2007 - 2008, Ford Fiesta, Hyundai Grand Avega, hingga Toyota Yaris jenis lama. Tentu dengan keluaran yang lebih tua, Anda bisa mendapatkan Honda Jazz dan Toyota Yaris dengan harga yang lebih murah. Namun semua tetap bergantung pada kondisi mobil tersebut.

  • Sedan

Segmen ini juga memiliki varian mobil yang sangat banyak. Tentunya, jenis ini memiliki banyak peminat yang lebih menggemari desain sporty. Sedan yang diproduksi di tahun 2005 hingga 2008, seperti Honda Accord, Honda City dan Toyota Vios, dapat Anda miliki dengan kocek Rp100 juta. Tergantung juga dengan kondisi dari mobil - mobil tersebut. Semakin baik kondisinya, kelasan sedan akan dihargai di angka yang lebih tinggi dibandingkan dua segmen di atas.

  • MPV

Terakhir, bursa otomotif bekas dari segmen mobil keluarga keluaran tahun 2005 sampai 2019 yang dihuni oleh Toyota Avanza, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, dan Toyota Kijang Innova, serta Suzuki Ertiga, Honda Freed hingga Datsun Go ini dipatok dari harga Rp100 jutaan. Mobil bekas jenis ini juga menjadi komoditas utama bagi mereka yang baru memulai rumah tangga atau baru memiliki anak dengan alasan kegunaannya yang praktis.

Itu adalah beberapa referensi harga mobil bekas murah dari tiap - tiap segmen yang bisa Anda dapatkan dengan budget Rp100 juta. Sebelum membeli, sesuaikan juga kebutuhan Anda dengan mobil yang Anda inginkan. Jangan sampai mobil bekas yang Anda beli tidak sesuai dengan kebutuhan Anda!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

Berita Terbaru

  • 3 Jenis Mobil Yang Bikin Mudik Lebih Hemat
    • 16 Apr 2019
  • Mobil Kecil Jadi Trend Buat yang Muda
    • 09 Apr 2019
  • 4 Modifikasi Mobil Unik di Indonesia – Dari Batman Hingga Fast Furious
    • 01 Apr 2019
  • Deretan Mobil Mewah Pilihan Miliuner Muda
    • 31 Mar 2019
  • 4 Tips Mengatasi Phobia Mengemudi Mobil
    • 30 Mar 2019