Ini Penyebab Power Window Mobil yang Mendadak Macet

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 30 March 2022

Ini Penyebab Power Window Mobil yang Mendadak Macet

momobil.id – Awalnya, membuka kaca mobil bisa menggunakan engkolan yang berada pada door trim. Seiring dengan perkembangan teknologi, hampir semua mobil baru menggunakan power window untuk membuka kaca. Power window menjadi komponen yang memberikan kemudahan untuk membuka kaca bagi pengendara. Meskipun demikian, terkadang power window bisa bermasalah. Akibat dari masalah pada power window adalah jendela mobil yang sulit dibuka dan ditutup. Lalu, apa penyebab dari power window yang macet pada mobil?

Karet Power Window Kering

Ketika komponen karet kering, maka performa power window juga akan menurun. Hal ini disebabkan karena seiring bertambahnya usia mobil, maka karet power window akan mengeras dan getas. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu melumasi karet power window menggunakan silikon spray agar kinerjanya tetap optimal.

Rel Kaca Mobil yang Kotor

Salah satu komponen yang rentan kotor adalah bagian rel kaca mobil. Rel kaca yang kotor tentu dapat mengganggu pergerakan dari kaca mobil. Salah satu tanda rel kaca mobil yang kotor adalah munculnya bunyi ketika kaca dinaik turunkan. Apabila rel kaca jarang dibersihkan, kotoran akan semakin menumpuk dan membuat power window macet. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menyemprotkan silikon spray pada sela-sela rel kaca.

Baca Juga: Kenali Efek Menyalakan Wiper Saat Kaca Mobil Kering

Switch Power Window yang Rusak

Salah satu penyebab dari power window yang macet adalah switch power window atau saklar rusak. Saklar yang ada pada mobil berbeda dengan saklar pada umumnya. Dalam satu saklar mobil, terdapat tiga perintah yaitu, menaikan kaca, menurunkan kaca, atau window off. Menaik turunkan kaca berkali-kali tentu dapat mempengaruhi masa pakai saklar pada mobil. Sehingga ketika saklar mengalami kerusakan, maka dapat menyebabkan power window macet.

Motor Penggerak Power Window yang Aus

Mobil yang menggunakan electric power pasti menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama. Layaknya komponen lain, motor listrik juga akan mengalami kerusakan seiring dengan pemakaian. Bagian pada motor listrik yang rentan rusak adalah sikat motor. Sikat tersebut berfungsi untuk menyalurkan listrik dari sumber arus ke rotor motor power window yang berputar. Gesekan pada sikat motor akan membuat kompoen tersebut rentan aus dan penyaluran listrik tidak optimal. Oleh karena itu, motor penggerak power window macet.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas