Ini Penyebab Transmisi Mobil Matic Tidak Bisa Pindah Gigi

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 13 April 2022

Ini Penyebab Transmisi Mobil Matic Tidak Bisa Pindah Gigi

momobil.id – Sebagian besar masyarakat memilih mobil bertransmisi otomatis atau matic sebagai kendaraan penunjang aktivitas. Meskipun lebih praktis dikendarai dibandingkan mobil bertransmisi manual, mobil matic juga tidak luput dari masalah. Salah satu masalah yang muncul pada mobil matic adalah transmisi mobil yang tidak bisa pindah gigi. Lantas, apa penyebabnya?

Kerusakan pada Gearbox

Gearbox yang bermasalah dapat membuat transmisi mobil matik tidak bisa dipindahkan. Biasanya, masalah ini muncul akibat kerusakan pada kabel gearbox. Kabel gearbox yang terputus atau mengelupas dapat membuat gigi tidak berpindah meskipun tuas sudah digeser. Untuk merasakannya, pengemudi hanya memindah tuas dan menginjak pedal gas. Apabila pedal gas terasa berat, maka perpindahan gigi bermasalah.

Adanya Masalah pada Switch Rem

Kendala pada switch rem merupakan salah satu penyebab tuas transmisi pada mobil matic tidak bisa pindah gigi. Ketika pedal rem diinjak, switch rem tidak ikut tertekan. Meskipun pedal rem diinjak sampai penuh, kondisi ini membuat tuas transmisi tidak bisa berpindah. Salah satu tanda bahwa switch rem bermasalah adalah lampu rem yang tidak menyala saat rem diinjak. Meskipun kemudian, kerusakan pada switch rem merupakan sebuah bentuk pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Tips Berkendara dengan Mobil Matic: Pindahkan Tuas Transmisi ke Posisi Ini ketika Berhenti Sejenak

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memeriksa apakah switch rem harus diganti atau cukup disetel ulang. Hal yang dilakukan pertama kali adalah memeriksa sekring yang terdapat pada fuse box. Cabutlah sekring lalu lihat apakah penghantar arus masih tersambung atau putus. Jika putus maka segera ganti dengan ukuran yang sesuai.

Switch rem yang bermasalah bisa juga disebabkan karena soket yang kendur. Dalam kondisi ini, pemilik mobil hanya perlu mengencengkan soket sampai berbunyi klik. Apabila soket yang kendur dan sekring pada fuse box tidak bermasalah, bisa jadi setelah switch rem kurang pas. Untuk menyetel ulang switch rem, gunakan kunci pas 12 mm lalu putar ke kiri dan kanan sampai switch rem berfungsi normal. Jika langkah tersebut masih belum berhasil, maka switch rem perlu diganti.

Switch Rem Kotor

Tidak hanya switch rem yang rusak, kondisi komponen switch rem yang kotor bisa menjadi penyebab tuas transmisi tidak bisa digerakan. Debu, kotoran, atau sisa pelumas yang menumpuk dapat membuat switch rem tidak berfungsi. Biasanya hal ini terjadi ketika mobil diparkir di tempat dingin. Untuk mengatasinya, pengemudi memanaskan mesin agar kotoran bisa luruh. Jika switch rem mengalami kerusakan, ganti dengan komponen baru yang sesuai dengan tipe mobil.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas