Ini Perbedaan Ganti dan Kuras Oli pada Transmisi Matik

Ditulis oleh : admin | 22 February 2022

Ini Perbedaan Ganti dan Kuras Oli pada Transmisi Matik

momobil.id – Dalam memenuhi kebutuhan transportasi, masyarakat zaman sekarang rata-rata menggunakan mobil bertransmisi matik. Mobil bertransmisi otomatis tentunya lebih praktis digunakan dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Namun, perawatan mobil otomatis tentunya berbeda dengan mobil manual. Pada mobil bertransmisi otomatis, terdapat pelumas khusus di dalamnya. Pelumas ini perlu dilakukan penggantian secara berkala. Ada dua cara perawatan pada oli transmisi, yaitu diganti atau dikuras. Namun, sebagian orang masih belum paham perbedaan dari ganti oli dan kuras oli pada perawatan mobil bertransmisi matik.

Perlu diketahui bahwa ganti oli dan kuras oli merupakan dua jenis pekerjaan yang memiliki perbedaan. Proses, alat, dan suku cadang yang dibutuhkan tentu saja sangat berbeda. Selain itu, perbedaan juga terletak pada biaya yang dikeluarkan. Pemilik bengkel spesialis Worner Matic, Hermas Efendi Prabowo mengatakan bahwa ganti oli merupakan pekerjaan mengganti oli matik yang ada di bak penampungan oli. Sementara kuras oli adalah mengeluarkan semua oli yang berada pada seluruh komponen sistem transmisi. Kebutuhan oli yang digunakan untuk ganti dan kuras oli juga berbeda. Untuk mengganti oli, rata-rata membutuhkan 3-4 liter oli. Sementara untuk menguras oli, bisa membutuhkan 12 liter. Selain itu, proses menguras oli juga memakan waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Rekomendasi Waktu Penggantian Oli Mobil Berdasarkan Intensitas Pemakaian

Untuk waktu melakukan penggantian dan kuras oli, sebagian orang beranggapan bahwa penggantian oli dilakukan apabila mobil sudah menempuh jarak 15.000km. Sedangkan oli transmisi dikuras setiap 50.000km. Meskipun demikian, Hermas menganggap anggapan tersebut kurang tepat. Menurutnya, oli yang berada pada transmisi selalu diperbarui sehingga peforma pelumasan tetap terjaga. Namun, jika kondisi oli tidak optimal saat melumasi komponen transmisi, perlu dilakukan pengurasan oli. Tanda oli yang perlu dikuras biasanya dapat dirasakan lewat performa transmisi mobil.

“Anggapan tersebut sebenarnya kurang tepat. Jika rajin melakukan pergantian oli matik sesuai waktunya, maka tidak perlu kuras oli,” kata Hermas dilansir dari Kompas.com.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas