Ini Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross dan Xpander Ultimate

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 3 November 2023

Ini Perbedaan Mitsubishi Xpander Cross dan Xpander Ultimate

momobil.id – Mitsubishi Xpander dikenal sebagai salah satu MPV tangguh dan gagah dengan harga terjangkau. MPV Mitsubishi ini hadir dalam dua pilihan varian, yaitu Xpander dan Xpander Cross yang merupakan versi L-SUVnya. Meskipun sama-sama menyandang nama Xpander, kedua mobil ini memiliki perbedaan. Berikut ini ulasan mengenai perbedaan antara Mitsubishi Xpander varian Ultimate dan Xpander Cross.

Tampilan Eksterior

Secara keseluruhan, Mitsubishi Xpander Cross dan Xpander Ultimate menggunakan bahasa desain yang serupa. Keduanya menggunakan bahasa desain Mitsubishi “Dynamic Shield” yang terlihat kokoh. Pada bagian depan, Xpander Cross dan Xpander Ultimate sama-sama dilengkapi dengan lampu utama LED berbentuk T, serta lampu LED DRL pada bagian atasnya. Bagian belakang dari kedua mobil tersebut juga sudah menggunakan lampu model T-Shape yang tampil modern.

Mitsubishi Xpander Cross

Perbedaan dari Xpander Cross dan Xpander Ultimate terletak pada bagian detailnya. Xpander Cross menggunakan grill lebih kokoh dengan motif heksagonal, serta bumper yang dibuat lebih menonjol dengan skid plate. Dari sisi samping, Xpander Cross menggunakan velg berukuran 17 inci dengan desain gagah, serta penggunaan body cladding. Mobil ini juga hadir dengan roof rack pada bagian atap, serta desain bumper belakang dengan cladding tebal.

Soal dimensi, Xpander Cross memiliki panjang 4.595 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.750 mm. Mobil ini memiliki ground clearance 220 mm untuk varian CVT dan 225 mm untuk varian MT.

Mitsubishi Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross

Sementara Xpander Ultimate mengusung tampilan yang lebih kalem dibandingkan dengan Xpander Cross. Bagian depan dari Xpander Ultimate hadir dengan grill horizontal berkelir hitam gloss. Kaki-kaki dari Xpander Ultimate menggunakan velg berukuran 17 inci dengan warna dual-tone.

Varian Ultimate memiliki dimensi yang sedikit lebih kecil ketimbang varian Cross. Mobil ini memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.695 mm. Xpander Ultimate memiliki ground clearance 220 mm.

Baca Juga: Mitsubishi Luncurkan Xpander Cross Facelift di GIIAS 2022

Bagian Interior dan Fitur

Masuk ke dalam interior, tampilan kabin dari Xpander Cross dan Xpander Ultimate memiliki bahasa desain yang serupa. Kedua varian Xpander tersebut meggunakan desain dashboard “New Horizontal Axis Design” dengan material soft pad. Baik Xpander Ultimate dan Xpander Cross memiliki konfigurasi kabin 3 baris yang mampu menampung 7 orang penumpang.

Mitsubishi Xpander Ultimate

Interior Mitsubishi Xpander Ultimate
Interior Mitsubishi Xpander Ultimate

Xpander Ultimate hadir dengan nuansa kabin berwarna beige. Mobil ini dilengkapi dengan fitur berupa head unit 8 inci dengan konektivitas smartphone, AC model digital, cruise control, tilt and telescopic steering, power outlet, serta fitur Electronic Parking Brake.

Sementara untuk fitur keselamatannya, Xpander Ultimate dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, Anti-Lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HSA), Active Stability Control, hingga Emergency Stop Signal.

Mitsubishi Xpander Cross

Interior Mitsubishi Xpander Cross
Interior Mitsubishi Xpander Cross

Berbeda dengan varian Ultimate, Xpander Cross hadir dengan nuansa kabin berwarna hitam dengan sentuhan warna biru. Mobil ini dilengkapi dengan layar kluster instrumen berukuran 8 inci, serta head unit 9 inci yang memiliki konektivitas ke smartphone.

Fitur lain pada Xpander Cross seperti AC digital, head guard pada bagian jok depan, micron air filter, serta fitur Multi Around Monitor. Untuk fitur keselamatan, Xpander Cross dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, dan Active Stability Control.

Berbeda dengan Xpander standar, varian Cross hadir dengan fitur Active Yaw Control (AYC). Fitur ini merupakan bagian dari fitur keselamatan yang berfungsi membuat mobil tetap stabil di jalanan yang licin. Untuk cara kerjanya, fitur AYC akan mengerem roda depan di sisi bagian dalam ketika menikung di jalanan. Dengan demikian, kemungkinan mobil mengalami understeer bisa diminimalisir.

Mesin dan Kaki-Kaki

Baik Xpander Cross maupun Xpander Ultimate, sama-sama ditenagai oleh mesin bensin 4 silinder, MIVEC DOHC 16 Valve berkapasitas 1,5 liter. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 103,5 hp pada 6.000 RPM dan torsi sebesar 141 Nm pada 4.000 RPM. Tenaga disalurkan ke roda depan lewat pilihan transmisi manual 5 percepatan dan CVT.

Harga

Mitsubishi Xpander Ultimate

Varian Xpander Ultimate hadir dalam 1 varian, yaitu CVT dengan harga Rp312.900.000,- (on the road DKI Jakarta).

Mitsubishi Xpander Cross

Berikut ini harga dan pilihan varian Mitsubishi Xpander Cross di Indonesia (on the road DKI Jakarta per November 2023).

  • MT = Rp316.750.000,-
  • Premium CVT = Rp342.650.000,-

Sumber gambar: mitsubishi-motors.co.id

mobil terkait

Rp 440.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 259.000.000

Individu

BOGOR

Rp 235.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 228.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 241.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 170.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas