Ini Perbedaan Model Transmisi Matik Zig-Zag dan Lurus

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 25 August 2022

Ini Perbedaan Model Transmisi Matik Zig-Zag dan Lurus

momobil.id – Saat ini, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan mobil bertransmisi matik. Selain lebih praktis, pengoperasian mobil matik juga lebih mudah. Namun jika diperhatikan lebih lanjut, setiap mobil matik memiliki model transmisi yang berbeda. Jenis yang sering ditemui adalah model gate dengan alur zig-zag dan model straight dengan alur lurus. Lantas, apa perbedaan dari model transmisi matik gate zigzag dan lurus?

Bila dilihat berdasarkan fungsi, kedua model transmisi tersebut tidak memiliki fungsi yang berbeda. Namun, perbedaan dari model tuas transmisi matik zig-zag dan lurus terletak pada pengoperasiannya. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bengkel Toyota Nazmoco Majapahit Semarang, Bambang Sri.

“Fungsi keduanya sama, beda yang paling mencolok ada pada penggunaan. Kalau biasanya pakai model zig-zag terus pindah model straight harus adaptasi dulu,” ucap Bambang dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Pindah dari Tuas Tranmisi D Mobil Matic, Apakah Perlu Ngerem Dulu?

Pengoperasian Transmisi Model Zig-Zag

Transmisi model gate atau zig-zag memiliki bentuk bersusun seperti anak tangga. Pengoperasian dari tuas transmisi model ini cukup mudah, yaitu dijalankan dengan mengikuti alur. Jadi, ketika pengemudi hendak memindahkan posisi tuas dari P ke D atau lainnya, maka pengemudi harus mengikuti jalur yang disediakan.

Meskipun terkesan ribet, tuas transmisi model gate memiliki kelebihan. Salah satu kelebihan dari tuas transmisi model zig-zag adalah tuas tidak mudah tergeser. Hal ini tentunya dibuat demi faktor keamanan, terlebih untuk mencegah transmisi berpindah ketika tersenggol.

Pengoperasian Transmisi Model Lurus

Transmisi model ini biasanya memiliki pengoperasian yang lebih simple. Pada transmisi model straight, terdapat salah satu tombol yang terletak pada bagian atas tuas transmisi. Tombol tersebut tidak berfungsi sebagai hiasan, namun tombol tersebut berfungsi sebagai pengunci atau pengaman agar tuas transmisi tidak mudah tergeser.

Ketika pengemudi hendak memindahkan gigi, pengemudi harus menginjak pedal rem terlebih dahulu, kemudian menekan tombol tersebut. Ketika tombol ditekan, maka tuas transmisi akan berpindah.

mobil terkait

Rp 345.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu


Kembali ke atas