Ini Sebabnya Mengapa Jangan Meninggalkan Power Bank di Mobil

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 4 May 2020

Ini Sebabnya Mengapa Jangan Meninggalkan Power Bank di Mobil

momobil.id – Jika kamu kerap membawa power bank ketika bepergian, sebaiknya jangan meninggalkan perangkat yang satu ini saat turun dari mobil. Hal ini guna mencegah bahaya meninggalkan power bank di dalam mobil yang bisa memicu kebakaran.

Kebakaran merupakan contoh bahaya meninggalkan power bank di dalam mobil yang bisa dialami pemilik kendaraan. Penyebabnya, tak semua power bank memiliki casing yang mumpuni. Beberapa di antaranya ada yang berkualitas rendah sehingga bisa retak atau bocor ketika mendapat panas berlebihan di dalam mobil.

Jika sudah bocor, baterai power bank yang biasanya terbuat dari lithium akan kontak langsung dengan udara. Hal tersebut berpotensi menimbulkan api karena adanya kontak antara lithium dengan udara. Kasus yang menyebabkan mobil terbakar akibat power bank baru-baru ini suda terjadi di Malaysia.

Pada Januari 2020, seorang warga Malaysia yang memiliki mobil Perodua Kancil mendapati mobinya terbakar setelah meninggalkan power bank di dalamnya. Dugaannya, hal itu dikarenakan terik matahari yang memicu power bank meledak akibat panas yang tinggi di dalam kabin.

Masih di Malaysia, kasus serupa juga pernah terjadi pada pensiunan yang menyimpan power bank di laci dashboard mobil. Tan Heng Swee, sang pemilik mobil, menceritakan bahwa awalnya ia bersama istrinya parkir mobil untuk makan siang bersama istrinya di restoran terdekat.

“Sekira satu jam kemudian, petugas parkir bergegas masuk untuk memberitahu saya bahwa asap mengepul dari dalam mobil. Saya dengan cepat meraih tabung pemadam dan memadamkannya,” ujarnya, dikutip dari Straitstimes.

Baca juga: Tips Merawat Ban Mobil agar Tetap Prima Selama WFH

“Kemudian, saya menemukan sumber api disebabkan oleh power bank. Saya percaya cuaca panas telah memicu ledakan kecil,” tambahnya. Peristiwa ini kemudian ia ceritakan di laman Facebook. Ia memperingatkan orang lain meninggalkan power bank di dalam mobil. “Saya menyarankan masyarakat untuk tidak meninggalkan gadget apapun atau power bank di dalam kendaraan,” ujarnya.

Sumber gambar: menkind.co.uk



Kembali ke atas