Ini Sebabnya Mengapa Penting Memanaskan Mobil Saat WFH

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 4 December 2020

Ini Sebabnya Mengapa Penting Memanaskan Mobil Saat WFH

momobil.id – Selama pandemi Covid-19, banyak pekerja yang menghabiskan waktunya di rumah karena kebijakan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Hal ini membuat mobil yang biasanya dipakai untuk kegiatan sehari-hari menjadi jarang dipakai. Namun, jangan diamkan mobil terlalu lama. Simak pentingnya memanaskan mobil saat WFH.

Saat WFH seperti ini, tentunya kegiatan di luar rumah pun dibatasi. Penggunaan mobil juga pastinya berkurang. Namun, kita harus tetap menjaga kondisi mesin mobil agar tetap prima. Walaupun tidak bepergian, sebaiknya kita tetap memanaskan mesin mobil.

Dengan memanaskan mobil, arus kelistrikan pada mesin bisa terjaga dan tidak membuat aki mesin soak. Jika lama tidak digunakan, maka akan membuat penurunan tegangan pada aki mobil.

Baca juga: Suara Mesin Mobil Berisik, Ketahui Daftar Penyebabnya

“Akinya sendiri akan ada proses pengeluaran tegangan sendiri. Dalam jangka panjang mobil tidak dipakai dan dipanaskan akan mengakibatkan akinya soak. Karena tegangan aki tersebut berkurang,” tegas Bambang Haryanto selaku Kepala Bengkel Auto2000 Bogor Siliwangi kepada Detik.com.

Lantas berapa lama kita perlu memanaskan mesin mobil?

Memanaskan mesin mobil tidak perlu terlalu lama. Panaskan mesin mobil selama 5 menit saja. Karena, dalam rentang waktu tersebut mesin sudah bisa mencapai panas yang optimal.

Melansir Gridoto.com, Sarudin selaku Kepala Bengkel Astrido Daihatsu Kebon Jeruk menjelaskan bahwa memanaskan mesin mobil akan membuat sirkulasi oli mesin terjaga. Sirkulasi oli mesin berperan agar komponen-komponen di dalam mesin terlumasi dan meminimalisir endapan kotoran berlebih di bak oli mesin yang bisa mengganggu kinerja mesin.

Baca juga: Tips Merawat Ban Mobil Agar Tetap Prima Saat WFH

Jika mobil sudah tidak digunakan dalam waktu seminggu atau lebih, sebaiknya panaskan mobil sekitar 15 menit. Oleh karena itu, paling tidak panaskan mobil selama dua hari sekali agar mesin tetap terjaga.

Selain itu, saat memanaskan mobil, pastikan juga mengecek fitur-fitur pada mobil seperti power window, lampu sein, hazard, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar mengetahui kondisi fitur-fitur tombol mobil yang jarang dipakai masih berfungsi atau tidak.

Sudah tau kan pentingnya memanaskan mobil saat WFH? Jadi, pastikan secara rutin memanaskan mobil agar kondisi mesin tetap terjaga.


Kembali ke atas