Ini Tips Aman Latihan Mengemudi Mobil Bagi Pemula

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 20 March 2022

Ini Tips Aman Latihan Mengemudi Mobil Bagi Pemula

momobil.id – Ketika hendak berlatih mengendarai mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar berkendara tetap aman. Biasanya kebanyakan orang atau pemula akan merasa gugup saat berlatih mengemudi. Apabila cara mengemudi salah, maka bisa berdampak buruk terhadap diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips latihan mengemudi mobil yang aman bagi pemula.

Pilih Instruktur yang Kompeten

Tips utama agar aman saat latihan mengendarai mobil adalah mencari instruktur yang tepat. Carilah instruktur atau pengajar yang profesional. Selain itu, tidak hanya profesional, instruktur juga harus tenang. Hal ini bertujuan agar apabila terjadi masalah, instruktur dapat menenangkan pemula yang baru belajar menyetir. Instruktur atau pengajar yang profesional biasanya ditemui di tempat kursus mobil.

Pilihlah Mobil yang Tepat untuk Latihan

Terdapat dua pilihan transmisi yang bisa dipilih untuk dipelajari, yaitu transmisi otomatis dan transmisi manual. Namun, bagi pemula disarankan belajar dengan mobil bertransmisi manual terlebih dahulu. Mobil dengan transmisi manual bisa melatih kemampuan menyetir pemula lebih baik. Apabila pemula bisa menyetir mobil bertransmisi manual, tentu berkendara dengan mobil bertransmisi otomatis menjadi lebih mudah. Apabila sudah lancar dalam mengemudi, pengemudi bisa mencoba berkendara dengan mobil lainnya.

Ketahui Fungsi Alat dan Fitur Sebelum Latihan Mobil

Tips penting yang perlu diketahui oleh setiap orang yang belajar mengemudi adalah fungsi alat dan fitur pada mobil itu sendiri. Semua alat yang berada di dalam mobil perlu dipahami agar tidak salah saat menggunakan. Pahami fungsi pedal gas, pedal rem, dan pedal kopling untuk mobil bermesin manual. Selain itu, pemula juga perlu mengerti dan memahami fungsi dari tuas transmisi dan rem tangan.

Baca Juga: Pahami Teknik Kickdown Saat Mengemudi Mobil Matik

Cari Posisi Duduk yang Nyaman

Tips yang tidak kalah penting adalah posisi mengemudi. Carilah posisi mengemudi yang nyaman agar terhindar dari gugup dan panik, sehingga pemula dapat mengemudi mobil dengan lancar. Untuk mengatur posisi duduk yang nyaman, pengemudi pemula bisa mengatur ketinggian jok dan jarak jok kursi dengan pedal. Selain itu, pastikan sandaran juga pas agar lebih nyaman.

Fokus dan Tenang saat Latihan Mengemudi Mobil

Salah satu kunci penting saat mengemudi adalah fokus dan tetap tenang. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kecelakaan yang dapat membahayakan nyawa. Hindari bermain ponsel selamat latihan mengemudi agar konsentrasi tidak terganggu. Pengemudi pemula juga harus tetap tenang saat mengemudi, terlebih jika ada masalah saat berkendara. Menghadapi masalah dengan tenang tentunya bisa mendapatkan solusi untuk mengatasinya.

Hindari Berlatih di Jalan Raya

Pengmudi pemula disarankan untuk berlatih mengemudi di lapangan, tempat yang luas, atau tempat dimana tidak banyak kendaraan yang berlalu lalang. Mengemudi di jalan raya bagi pengemudi pemula beresiko tinggi, sebab banyak halangan dan rintangan di jalan raya. Misalnya, seperti kendaraa yang lalu lalang, atau orang yang menyeberang jalan. Apabila tidak fokus, maka dapat menyebabkan kecelakaan.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas