Ini Tips Ampuh Bepergian Tanpa Mabuk Selama Perjalanan

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 20 April 2020

Ini Tips Ampuh Bepergian Tanpa Mabuk Selama Perjalanan

momobil.id – Sebagian orang sering mengalami mabuk atau mual saat perjalanan. Mabuk saat perjalanan ini merupakan hal yang wajar. Ada yang langganan mabuk perjalanan, namun ada juga yang dipengaruhi oleh faktor kesehatan. Mabuk perjalanan sendiri ditimbulkan oleh beberapa faktor. Biasanya hal ini terjadi karena salah posisi duduk yang tepat, tidak cocok dengan aroma parfum kendaraan, atau aktivitas yang dilakukan sebelum dan selama perjalanan. Berikut adalah tips untuk mencegah mabuk dalam perjalanan selama bepergian.

Bawa Camilan

Untuk menemani perjalanan, sebaiknya bawalah camilan. Camilan yang dibawa pun disarankan makanan ringan seperti kacang, keripik, atau buah potong. Untuk mencegah mabuk ditengah perjalanan, hindari makanan berat seperti nasi. Usahakan perut terisi selama perjalanan, namun jangan makan berlebih sampai kekenyangan. Kekenyangan dapat menimbulkan mual akibat terkena guncangan selama perjalanan.

Bawa Minyak Angin atau Aroma Terapi

Tips ini ampuh bagi orang yang tidak terbiasa dengan hawa AC yang dingin, atau parfum mobil yang tidak sesuai. Bagi yang sering mabuk atau mual selama perjalanan, sebaiknya membawa aroma terapi / minyak angin. Menghirup aroma terapi atau minyak angin bisa mencegah mual. Jika perlu, usapkan minyak angin disekitar pusar untuk meredakan mual dan perut kembung.

Hindari Aktivitas Membaca atau Bermain Gadget Terlalu Lama

Perjalanan yang lama tentunya membosankan tanpa adanya buku bacaan atau gadget, Namun bagi sebagian orang, membaca buku terlalu lama bisa membuat kepala pusing dan mual. Sama halnya dengan bermain gadget. Ketimbang melakukan dua hal ini, disarankan untuk mendegarkan musik dan tidur selama perjalanan agar terhindar dari pusing dan mual.

Baca Juga : 5 Benda Ini Dapat Mengatasi Bau Tidak Sedap Pada Kabin Mobil

Bukalah Jendela atau Melihat Keluar

Untuk mengatasi kebosanan selama perjalanan, bukalah jendela dan lihat pemandangan sekitar. Mengamati pemandangan dapat mencegah kebosanan, sekaligus dapat mengalihkan perhatian dari rasa pusing dan mual. Hal ini juga tentunya membuat mata lebih rileks.

Ajak Ngobrol Teman / Keluarga / Orang Sekitar

Untuk menghindari rasa bosan dan mabuk saat perjalanan, carilah teman ngobrol. Teman ngobrol dapat mencegah kebosanan dan perasaan mabuk saat perjalanan. Hal ini karena perhatian dapat difokuskan dengan bercerita kepada orang lain.



Kembali ke atas