Ini Tips Membersihkan dan Merawat Jok Kulit pada Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 3 March 2020

Ini Tips Membersihkan dan Merawat Jok Kulit pada Mobil

momobil.id – Pembeli mobil seringkali membeli mobil dengan jok kulit pada interiornya, baik sudah terinstalasi langsung, maupun membeli sarung berbahan kulit. Menggunakan bahan kulit memang menambah kesan premium dan elegan pada mobil. Namun jika jarang melakukan perawatan, bahan jok kulit akan tidak bertahan lama. Pengguna disarankan untuk melakukan perawatan di salon mobil. Namun bisa juga dilakukan secara individual. Supaya awet dan semakin terlihat kinclong, berikut tips untuk merawat jok kulit.

Menggunakan Cairan Pembersih

Hal utama yang harus diperhatikan dalam perawatan kulit pada jok adalah pemilihan cairan pembersih. Cairan pembersih yang biasa digunakan untuk bahan kulit berbentuk pasta. Hindari cairan pembersih berbahan air, karena air dapat menimbulkan jamur dan menyebabkan bahan kulit menjadi cepat rusak. Selain itu, pilihlah cairan pembersih yang mengandung pelembap agar material kulit tidak kering dan pecah-pecah.

Hindari Penggunaan Kain Kasar

Dalam mengaplikasikan cairan pembersih, usapkan cairan menggunakan kain yang lembut. Penggunaan kain kasar harus dihindari karena berisiko menyebabkan abrasi pada bahan kulit. Supaya perawatan kulit lebih maksimal, pengguna dapat melapisi kulit dengan leather coating. Fungsi leather coating adalah sebagai perlindungan tambahan pada material kulit, namun untuk saat ini penggunaan leather coating hanya pada kulit baru.

Baca Juga : Bersihkan Komponen Ini Jika Rem Mobil Terus Bunyi Berdecit

Parkir Mobil di Tempat yang Teduh

Parkirlah mobil di tempat yang teduh. Parkir di tempat terbuka dengan paparan sinar matahari berpengaruh buruk terhadap material kulit. Pengaruh sinar dan panas matahari dapat membuat jok menjadi kering dan pecah – pecah.

Jaga Kebersihan Jok

Pengguna mobil dengan jok bermaterial kulit disarankan untuk selalu menjaga kebersihan jok. Banyak hal yang dapat membuat jok menjadi kotor dan bau, seperti kejatuhan remah – remah makanan, terinjak, atau ketumpahan minuman. Sebelum membersihkan jok, gunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran. Untuk material kulit asli, disarankan membersihkan secara rutin minimal 2 bulan sekali. Untuk material kulit sintesis, disarankan untuk membersihkan secara rutin minimal 2 kali sebulan agar jok terlihat bersih.



Kembali ke atas