Ini Tips Menggunakan Sabuk Pengaman yang Benar

Ditulis oleh : admin | 20 November 2021

Ini Tips Menggunakan Sabuk Pengaman yang Benar

momobil.id – Sabuk pengaman merupakan fitur penting yang harus digunakan saat berkendara. Hal ini dikarenakan sabuk pengaman dapat mengurangi dampak cedara apabila terjadi kecelakaan. Penggunaan sabuk pengaman sendiri sudah diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 106 ayat 6. Aturan tersebut berisi tentang pidana yang diberikan apabila pengemudi maupun penumpang yang duduk disamping pengemudi roda empat tidak mengenakan sabuk keselamatan. Jika meremehkan penggunaan sabuk pengaman, maka akan dipidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak 250.000 rupiah. Meskipun demikian, masih banyak pengemudi dan penumpang yang belum paham mengenai penggunaan sabuk pengaman dengan benar. Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk menggunakan sabuk pengaman dengan baik dan benar. Berikut merupakan tips menggunakan sabuk pengaman yang perlu diperhatikan.

Posisi Duduk yang Benar dan Sabuk Pengaman Tepat di Pundak

Sebelum mengatur letak sabuk pengaman, posisi duduk harus benar. Posisi tersebut yakni badan yang tegak dengan punggung yang sejajar dengan sandaran kursi. Setelah itu posisikan sabuk tepat pada pundak dan bagian bawah sabuk dijulurkan silang sampai bawah pusar. Bagian tersebut terdapat tulang yang kuat untuk menahan tubuh apabila terjadi tabrakan. Pastikan tubuh berada di posisi nyaman saat mengenakan sabuk pengaman pada bagian ini.

Baca Juga: Kesalahan Pengemudi yang Menyebabkan Kopling Mobil Cepat Jebol

Sabuk Pengaman Harus Dalam Keadaan Rapih dan Lurus

Sebelum berkendara, pastikan terlebih dahulu keadaan sabuk pengaman dalam posisi yang rapih. Sabuk pengaman yang tidak rapih atau melintir dapat menambah tekanan pada satu titik tertentu pada tubuh, sehingga dapat melukai tubuh. Dengan sabuk pengaman yang rapih, maka kinerja dari penggunaan sabuk pengaman menjadi lebih optimal.

Mengunci Sabuk Pengaman

Tips menggunakan sabuk pengaman yang benar terakhir adalah dengan mengunci sabuk dengan benar. Fungsi sabuk tidak akan didapatkan apabila pemasangan sabuk tidak benar. Masukan ujung sabuk ke dalam holder dan pastikan mengunci sabuk hingga terdengar bunyi “klik”. Apabila merasa kurang nyaman, sabuk dapat diatur posisinya dengan menariknya sesekali.

mobil terkait

Rp 185.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 187.000.000

Individu

PADANG

Rp 195.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 287.000.000

Individu

TANGERANG SELATAN

Rp 328.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas