Tips Merawat Mobil Sport yang Baik dan Benar

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 2 April 2020

Tips Merawat Mobil Sport yang Baik dan Benar

momobil.id Mobil sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat zaman sekarang. Banyak tipe mobil yang sekarang lalu lalang di jalanan. Salah satu tipe mobil yang paling disukai oleh kaum pria adalah mobil sport. Mobil sport tergolong mobil mewah, dan banyak pecinta mobil tipe ini rela mengeluarkan biaya mahal untuk meminangnya. Bagi orang yang memiliki mobil sport, biaya perawatan dan servis tergolong mahal. Oleh sebab itu, sangatlah penting untung merawat mobil sport secara rutin. Berikut ini adalah tips untuk merawat mobil sport.

Ganti Oli Secara Rutin

Seperti mobil lain pada umumnya, mobil sport juga harus diganti oli secara rutin. Jangka waktu ganti oli pada mobil sport sedikitnya 6 bulan sekali. Penggantian oli ini bertujuan untuk menjaga performa mesin agar tetap maksimal. Jika penggantian oli lebih dari 6 bulan, maka mesin biasanya akan kasar dan beresiko rusak.

Perhatikan Bahan Bakar

Bagi pemilik mobil sport, penting untuk memperhatikan bahan bakar yang dipakai pada mobil sport. Pada umumnya, bahan bakar yang digunakan oleh mobil sport memiliki RON tinggi. Pengunaan RON tinggi pada mobil sport membuat mesin semakin awet dan lebih bertenaga.

Periksa Komponen Mobil dengan Teratur

Komponen yang digunakan pada mobil mahal cenderung lebih senditif, sehingga sering terjadi kerusakan pada sistem jaringan dan pengereman. Maka dari itu penting untuk memeriksa komponen mobil secara teratur. Ketika mobil sport sudah melampaui batas 10.000km, beberapa komponen harus diganti baru. Hal ini penting agar kondisi mobil sport tetap terjaga.

Baca Juga : Manjur! Cara Membuat Perangkap agar Mobil Tak Menjadi Sarang Tikus

Mengontrol Sistem Keamanan

Sistem keamanan pada mobil sport merupakan salah satu hal yang penting untuk dicek pada mobil sport. Pada mobil jenis ini, sistem keamanan berbeda pada mobil biasa. Kemanan mobil sport dilengkapi dengan Dynamic Stability Control (DSC), Antilock Braking System (ABS), dan Active Stability Control (ASC). Semua sistem keamanan ini wajib untuk diperhatikan bagi pemilik mobil sport.

Perhatikan Bodi Mobil

Selain melakukan pengecekan dan perawatan pada komponen mesin, pengecekan pada bodi mobil juga penting untuk dilakukan. Korosi merupakan hal yang bisa terjadi pada bagian mobil jika dirawat. Maka dari itu, penting untuk melakukan pengecekan bodi agar terlihat lebih kinclong dan mulus.



Kembali ke atas