Ini Tips Mudah Agar Lulus Ujian Teori dan Praktek SIM

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 6 July 2020

Ini Tips Mudah Agar Lulus Ujian Teori dan Praktek SIM

momobil.id – Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan sebuah kartu yang wajib untuk dimiliki oleh pengendara kendaraan bermotor. Tanpa SIM, pengemudi dianggap belum layak dan melanggar peraturan lalu lintas. SIM tidak didapatkan begitu saja. Pemohon SIM harus mengikuti serangkaian ujian dan beberapa syarat untuk mendapatkan SIM. Meskipun demikian, tidak sedikit yang gagal mengikuti ujian mendapatkan SIM. Bahkan, kegagalan pemohon SIM kerap dianggap sengaja dilakukan oleh pihak penguji. Berikut ini adalah tips mudah yang bisa dipraktekan agar lulus ujian SIM.

Memiliki Kelengkapan Data Diri

Salah satu syarat pembuatan SIM adalah dengan kelengkapan data diri. Pemohon SIM harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). KTP ini sangat diperlukan sebagai data diri yang nantinya akan tersimpan di pusat.

Pelajari dan Pahami Teori

Salah satu tips lulus ujian SIM adalah dengan memahami materi ujian SIM. Tes tertulis biasanya menjadi bagian yang sulit dibandingkan rangkaian tes yang lain. Oleh karena itu, pemohon harus perlu mempersiapkan lebih agar bisa lulus tes ini. Berlatih terlebih dahulu untuk mengisi soal ujian SIM agar lebih paham mengenai materi yang diuji. Materi ujian SIM dapat dicari lewat buku atau internet. Selain itu, dalam mengerjakan ujian teori, kerjakanlah dengan tenang dan jangan tergesa-gesa.

Baca Juga : Agar Tidak Panik, Simak Tips Berkendara di Tanjakan untuk Mobil Manual

Melatih Keterampilan Mengemudi

Pemohon SIM harus yakin akan kemampuan diri. Oleh karena itu, pemohon SIM harus seling berlatih keterampilan mengemudi. Berlatih mengemudi bisa dilakukan sendiri atau melalui sekolah pelatihan mengemudi. Ada beberapa hal yang diuji saat ujian praktek SIM, yaitu berbelok, keseimbangan, dan mengerem lurus.

Atur Emosi Agar Tidak Gugup

Salah satu hal yang membuat pemohon SIM gagal dalam ujian adalah emosi dan gugup. Terkadang saat hendak memasuki kantor polisi, pemohon sering gugup, sehingga materi yang dipelajari menjadi blank. Oleh karena itu, kontrol emosi dan coba fokus ketika memasuki kantor polisi dan mengerjakan soal ujian. Selain itu, pemohon SIM juga harus menjaga kesehatan fisik dan mental.


Kembali ke atas