Supaya Tidak Nabrak, Ini Tips Parkir Mobil Bagi Pemula

Ditulis oleh : redaksi | 25 January 2020

Supaya Tidak Nabrak, Ini Tips Parkir Mobil Bagi Pemula

momobil.id – Cara parkir mobil merupakan salah satu satu hal penting yang harus dikuasai para pengemudi roda empat. Karena saat memarkirkan mobil dibutuhkan perhitungan dan posisi yang tepat. Sebab, jika salah perhitungan bisa-bisa akan menabrak mobil orang lain. Jika sampai menabrak, tentu harus merogoh kocek untuk mengganti kerusakan yang disebabkan kelalaian saat parkir.

Cara parkir mobil memang tidak mudah dan harus terus dilatih. Walaupun di beberapa lokasi bisa saja dipandu seorang juru parkir, namun tetap saja butuh ketenangan dan keakuratan. Agar lebih lancar memarkirkan mobil, berikut akan kami ulas dasar-dasar yang harus dikuasai.

Baca Juga: Empat Cara Mengemudi Mobil yang Baik agar Rem Mobil Tahan Lama

Cari ruang yang cukup

Ruang parkir

Selain mencari ruang parkir yang kosong, pastikan juga bahwa ruang tersebut muat dengan ukuran mobil yang sedang dikemudikan. Jangan memaksakan menempati lahan parkir yang ukurannya terlalu pas dengan mobil sehingga tidak menyisakan ruang untuk membuka pintu.

Nyalakan lampu sein

Ilustrasi lampu sein

Jika sudah mendapatkan lahan untuk parkir, jangan lupa untuk menyalakan lampu sein mobil. Hal ini dilakukan sebagai bentuk alat komunikasi pada pengemudi lain bahwa kamu  akan parkir.

Membuka jendela

Jika belum mahir, kamu bisa membuka jendela untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih jelas. Atau bisa juga mengeluarkan kepala lewat jendela untuk melihat bagian belakang agar tidak menabrak tembok atau benda lainnya.

Sensor parkir

Sensor parkir

Mobil terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan fitur modern, salah satunya adalah sensor parkir. Manfaatkan fitur ini untuk memudahkan saat memarkir mobil. Jika sensor parkir berbunyi, itu artinya bagian belakang mobil sudah mendekati batas benturan.  Jadi pastikan hentikan laju mobil ketika bunyi sensor sudah cukup keras. Sensor parkir ini bisa dipadukan dengan kamera belakang untuk memastikan mobil tidak membentur benda atau tembok di belakangnya. (Nur Malika)

Sumber gambar: Shutterstock



Kembali ke atas