Ini Waktu Tepat Ganti Wiper Mobil

Ditulis oleh : admin | 19 June 2018

Ini Waktu Tepat Ganti Wiper Mobil

Wiper Mobil | Ganti Wiper Mobil

momobil.id – Wiper mobil pada kaca mobil memiliki fungsi penting terkait kenyamanan dan keamanan pengendara. Ia diperlukan saat pengemudi butuh memaksimalkan penglihatannya ke jalan raya terutama saat hujan.

 

Piranti yang bisa ditemukan di kaca depan dan belakang mobil ini memang sangat efektif membersihkan air hujan ataupun kotoran lainnya yang menempel. Namun, tentu itu hanya berlaku jika kondisi wiper mobil masih laik. Jika sebaliknya, tidak hanya menggangu pandangan, wiper bisa menyebabkan goresan pada kaca depan mobil.

 

Karena itu jangan sampai lalai memperhatikan komponen kecil yang satu ini. Lalu kapan waktu tepat untuk mengganti wiper mobil?

 

Setidaknya ada dua cara sederhana menentukannya. Yakni dengan melihat dan mendengar.

Lihatlah kondisi wiper apakah sudah keras dan mengalami keretakan. Lihat juga apakah saat wiper dioperasikan masih menyisakan kotoran atau bercak air di kaca.

Cara kedua, dengan mendengar apakah keluar bunyi mendecit saat wiper dijalankan. Bila iya, tandanya wiper mobil harus diganti.

Beberapa hal dapat diperhatikan saat mengganti wiper mobil, terutama jika berniat melakukannya sendiri di rumah:

 

Tahap awal
Pastikan mengetahui bagian bilah wiper yang butuh diganti dan membeli pengganti dengan ukuran yang tepat. Ukurlah dengan meteran atau penggaris bila perlu, sehingga tidak salah.

 

Tahap pemasangan
1. Angkat dan jauhkan lengan wiper mobil logam dari kaca depan mobil dengan cara menegakkannya. Waspadai jangan sampai lengan menyentak kembali bila tidak mau kaca depan mobil retak karenanya. Letakan handuk di kaca sebagai antisipasi.

 

2. Lepaskan bilah wiper lama. Umumnya cukup dengan menekan sebuah sumbat plastik kecil yang menahan bilah pada posisinya. Beberapa bilah wiper memiliki penjepit, bukan pengait, untuk menahan bilah wiper karet pada posisinya.

 

3. Pasang wiper baru. Geser wiper baru ke ujung yang sama pada lengan tempat Anda menarik wiper lama. Pasang dengan lembut sampai pengait terpasang pada tempatnya dan berbunyi ‘klik’. Rebahkan wiper kembali ke kaca depan mobil.

 

4. Tes wiper
Jajal wiper dengan mengaktifkannya dari dalam mobil. Pastikan peranti bekerja dengan baik dan tidak salah pasang.

 

Oleh : Putra. P

Foto : Istimewa

mobil terkait

Rp 228.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 725.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 268.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 498.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 175.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 220.000.000

Individu

ROKAN HULU


Kembali ke atas