Inilah Aplikasi Penunjuk Jalan yang Dapat Anda Gunakan

Tips Mobil | Mobil Bekas

Disaat jalan tidak bersahabat dan harus menghindari kemacetan, mencari jalan alternatif dengan memanfaatkan aplikasi penunjuk jalan merupakan solusi jitu. Terlebih Anda orang yang doyan berpetualang dengan menggunakan kendaraan, tentu manfaat aplikasi ini akan terasa sekali. Berikut adalah rekomendasi aplikasi penunjuk jalan, yang selain merujuk rute perjalanan tanpa macet, sekaligus mendapatkan informasi seputar arus lalu lintas lainnya.

Waze

Aplikasi ini punya peta yang cukup akurat untuk daerah perkotaan sehingga mempermudah dalam pencarian alamat. Aplikasi ini juga sanggup menunjukkan jalan kecil berikut jarak tempuh untuk terhindar dari kemacetan. Sistem GPS android yang dinyalakan para pemakainya merupakan sumber informasinya. Indikator kemacetan lalu lintas ditandai dengan warna merah. Penggunanya pun dapat berkomunikasi dengan sesama pengguna lainnya via kolom chat untuk mendapatkan informasi akurat sebenarnya. Kekurangan aplikasi ini adalah boros batre dan tempat-tempat tertentu yang tak terjangkau waze.

GPS Go Pilot

Selain menampilkan rute utama, aplikasi ini juga memberikan dan menunjukkan rute yang berbeda dengan jenis kendaraan yang digunakan seperti mobil, motor, dan sepeda. Jika Anda ingin mencapai tujuan, cukup ketik pada kolom alamat tujuan. Keunikan dari aplikasi ini, pada peta terlihat lengkap letak pom bensin, bengkel, rumah sakit, hingga sekolah. Kekurangan dari aplikasi ini penggunaannya agak sedikit lebih sulit dibandingkan aplikasi sejenis.

Sycig

Aplikasi ini menampilkan visual peta yang lebih memikat. Tidak hanya 2D tetapi juga memiliki tampilan 3D dengan fitur zoom-in, lebih detail dan mendekati realistis karena bisa menunjukkan gedung di lokasi di Jakarta. Point of interestlainnya juga ditampilkan seperti restoran, rumah sakit, pom bensin, dan lain sebagainya. Aplikasi ini sering di updatehingga mendekati real time. Namun kekurangannya adalah aplikasi ini berat dijalankan. Untuk mencobanya, diberikan trial selama 7 hari untuk kemudian ditawarkan full version dengan pilihan harga berdasarkan fitur yang akan digunakan.

Google Maps

Aplikasi ini sudah sangat populer digunakan. Selain gratis, juga lengkap informasinya baik di kota maupun jalan desa. Pencarian alamat dapat mudah dilakukan dan sekaligus mengestimasi jarak dan durasi perjalanan dari lokasi awal Anda. Untuk durasi pencarian, aplikasi ini terbilang cepat dengan tingkat loading kurang dari lima detik. Sama halnya dengan waze, indikator masalah kemacetan lalu lintas ditandai dengan warna merah untuk macet padat, kuning untuk padat lancar, dan biru untuk lancar. Aplikasi ini juga dilengkapi ikon kecelakaan lalu lintas penyebab kemacetan, dan point of interest seperti SPBU terdekat, kantor polisi, dan lain sebagainya.Kekurangannya dari peta aplikasi ini sangat sedikit mengenali jalan satu arah dan putaran balik. Secara keseluruhan aplikasi ini mudah dioperasikan dan banyak fitur pendukung yang memadai untuk solusi mencari rute di perjalanan.

Meskipun ada beberapa wilayah yang tidak ter-cover oleh beberapa peta aplikasi tersebut. Istilah malu bertanya sesat di jalan, terjawab dengan keberadaan aplikasi ini. Selain menggunakan aplikasi penunjuk jalan, perbanyak juga informasi agar selamat sampai tujuan dengan tepat waktu.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

Berita Terbaru

  • Tips Memilih Ban Mobil: Cara Membedakan Ban Vulkanisir dan Ban Suntikan
    • 17 Jan 2019
  • 5 Cara Mengemudi Mobil Saat Ban Meletus
    • 17 Jan 2019
  • Tips Agar Wiper Bekerja Maksimal Saat Berkendara di Musim Hujan
    • 16 Jan 2019
  • Tekanan Angin Ban yang Ideal di Waktu Hujan
    • 16 Jan 2019
  • Ini 4 Cara Mengemudi Mobil yang Baik Agar Rem Mobil Tahan Lama
    • 15 Jan 2019