Inilah Harga Mobil Nissan Rasa Xpander!

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 26 February 2019

Inilah Harga Mobil Nissan Rasa Xpander!

Awal tahun ini hadir produk Nissan terbaru. Namanya All New Livina. Sosoknya menyerupai Mitsubishi Xpander. Gonjang-ganjing keberadaannya sudah terjadi tahun lalu, tetapi proyek kerjasamanya sudah berlangsung lama. Berapa harga mobil Nissan rasa Xpander tersebut?  

Duet produksi otomotif sudah bukan barang baru. Selain mengkolaborasikan teknologi, juga memperbesar market yang ada. Di Indonesia, Toyota dan Daihatsu telah memulainya di awal 2000-an dan menghasilkan produk legendaris Toyota Avanza – Daihatsu Xenia. Produk ini bercokol sebagai produk dengan penjualan terbaik hingga kini menginjakkan 15 tahun produksi.

Reputasi yang baik mendatangkan kompetitor yang gigih mendapatkan reputasi tersebut. Mulai dari Ertiga, Chevrolet Spin, Mazda VX-1, hingga Xpander. Dan kini muncul Nissan All New Livina dengan citarasa Xpander. Bagaimana peluangnya?

Tahun lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membocorkan akan ada kembaran Xpander. Pemiliknya adalah PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Hal tersebut merupakan realisasi wujud sinergi aliansi global Renault-Nissan-Mitsubishi di Indonesia.

NMI seperti diketahui masih memiliki produk MPV yang masih dipasarkan yakni Nissan Grand Livina, yakni Low MPV 7 penumpang dan bersaing ketat dengan Toyota Avanza, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Wuling Confero, dan Daihatsu Xenia.

Menurut Chief Executive Mitsubishi Motor Corporation (MMC) Osamu Masuko di November tahun lalu, akan memasok platform Xpander ke Nissan pada awal tahun depan (tahun ini). Dan Nissan juga rencananya akan memproduksi mesin Mitsubishi Xpander pada tahun fiskal 2020, dan Mitsubishi akan membeli mesin yang diproduksi oleh Nissan sebagai bagian dari bentuk kerja sama tersebut.

Sebagai informasi, saat ini kandungan lokal pada LMPV Xpander mencapai 71 persen, dan akan mengalami peningkatan sebesar 9 persen menjadi 80 persen dengan diproduksinya mesin Mitsubishi Xpander di NMI 2020 kelak..

Mitsubishi pun menambah jumlah investasi sebesar 4 miliar yen atau sekitar Rp 525,7 miliar untuk meningkatkan kapasitas produksi. Alokasi tersebut diantaranya ditujukan untuk pabrik Nissan Motor Indonesia (NMI).

Meski berkolaborasi, secara bisnis Mitsubishi dan Nissan tetap berkompetisi, termasuk di masing-masing negara.

Nissan rasa Xpander diluncurkan 19 Februari 2019. Bagian depannya mirip dengan Xpander tetapi sedikit digulirkan kesan mobil masa depan ala Nissan XMotion, sebuah SUV pintar Nissan yang bisa melaju sendiri. Grille-nya lebih lebar dengan lampu utama menyatu dengan lampu LED di bagian depan menyiratkan kesan SUV. Untuk peleknya, menggunakan milik SUV Nissan lainnya yakni Nissan Qashqai.

Spekulasi kemunculan Nissan rasa Xpander ditandai juga dengan rencana menutup penjualan Grand Livina dengan diskon penjualan besar-besaran hingga puluhan juta besarannya.

Kisi-kisi harga yang akan ditawarkan Nissan rasa Xpander berada pada kisaran Rp 198 juta hingga Rp 261 juta. Varian warnanya juga ditawarkan beragam, namun warna Lavender ala Grand Livina tetap akan dipertahankan. Sedangkan warna lainnya adalah Sunset Orange, Black Knight, Timeless Grey, Silver Tech, juga White Pearl.

Nissan All New Livina punya lima pilihan varian, yakni VL A/T, VE A/T, EL A/T,  EL M/T, dan E M/T. All New Livina kini sudah dibekali dengan fitur yang berlimpah seperti fitur penunjangan keamanan, kenyamanan, dan kemewahan. Hal tersebut nampak pada keberadaan 2 airbag, ABS dan EBD, push start/stop engine button, keyless entry, cruise control, hill start assist, kamera parkir, dan spion auto retract.

Spesifikasi mesin Nissan All New Livina adalah bermesin 1.500 cc 5 percepatan manual atau 4 percepatan automatik yang mampu menyentakkan tenaga sebesar 104 Ps di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Tertarik?

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock


Kembali ke atas