Intip 11 Mobil Sport Termurah di Dunia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 19 December 2022

Intip 11 Mobil Sport Termurah di Dunia

momobil.id – Pada umumnya, mobil sport memiliki tampilan yang mewah dengan harga fantastis. Namun, tidak semua sports car dijual dengan harga mahal. Ada beberapa mobil sport memiliki tampilan yang keren dengan harga yang relatif murah. Berikut merupakan daftar mobil sport dengan harga termurah di dunia.

1. Toyota GR86

Toyota GR86
Toyota GR86

Salah satu mobil sport termurah di dunia adalah Toyota GR86. Mobil yang terinspirasi dari Toyota AE86 ini berbagi platform dengan Subaru BRZ. Secara tampilan, GR86 terlihat sporty dengan bodi coupe 2 pintu.

Masuk ke dalam interior, GR86 tampil keren dengan desain dashboard yang dibuat merata dan modern. Mobil sport Toyota ini juga sudah dilengkapi dengan bucket seat.

Beralih ke bagian performa, Toyota GR86 hadir dengan mesin Boxer berkapasitas 2.400 cc dengan center of gravity yang rendah. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 235 PS pada 7.000 RPM dan torsi 250 Nm pada 3.700 RPM. Tenaga disalurkan lewat pilihan transmisi manual atau otomatis.

Di Indonesia, GR86 hadir dengan dua pilihan varian, yaitu otomatis dan manual. GR86 versi otomatis dibanderol dengan harga Rp938,5 juta. Sementara untuk varian manual, Toyota akan menjualnya tahun depan dengan harga Rp922 juta.

2. Hyundai Veloster N

Hyundai Veloster N - mobil sport termurah di dunia
Hyundai Veloster N

Veloster N merupakan salah satu mobil sport milik Hyundai dengan harga yang tergolong terjangkau. Mobil ini memiliki desain yang modern dengan bentuk hatchback.

Veloster N merupakan salah satunya model yang menggunakan 3+1 pintu yang membuatnya unik. Pada bagian interior, aura sporty sangat kental pada Veloster N. Konsol depan dibekali dengan sistem audio berukuran besar.

Hal yang paling menonjol dari Hyundai Veloster N ada pada bagian mesinnya. Mobil ini menggunakan mesin bensin 1.998 cc 4 silinder turbo yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 275 hp pada 6.000 RPM dan torsi 353 Nm pada 1.450-6.000 RPM. Tenaga disalurkan ke empat roda lewat transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 8-percepatan.

Di Amerika Serikat, Hyundai Veloster dibanderol dengan harga $32,500 atau sekitar Rp507 jutaan.

3. Mazda MX-5

Mazda MX-5 Miata
Mazda MX-5

Salah satu mobil sport termurah di dunia adalah Mazda MX-5 atau Miata. Mobil ini hadir dalam dua versi, yaitu retractable fastback (RF) dan soft top. Hadir dengan desain KODO khas Mazda, MX-5 terlihat sporty dan cantik dari tampilannya.

Tidak hanya tampilan yang cantik, MX-5 juga hadir dengan fitur keamanan canggih. Sebut saja seperti Adaptive LED Headlamp (ALH), Lane Departure Warning System (LDWS), Blind Spot Monitoring (BSM), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Pada bagian dapur pacunya, MX-5 ditenagai oleh mesin SKYACTIV-G 2.0 4 silinder In-Line DOHC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 183 PS dengan torsi 205 Nm. Tenaga disalurkan ke roda belakang lewat transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan.

Di Indonesia MX-5 RF varian manual dibanderol dengan harga Rp789,9 juta. Sementara varian RF otomatis dijual dengan harga Rp799,9 juta.

Baca Juga: 12 Mobil Termahal Di Dunia, Capai 100 Triliun?

4. Subaru BRZ

Subaru BRZ
Subaru BRZ

BRZ merupakan kembaran dari Toyota GR86. Meskipun hadir dalam wujud mobil sport, Subaru BRZ menawarkan kepraktisan dan kenyamanan dengan konfigurasi tempat duduk 2+2. Kursi belakang BRZ dapat dilipat rata.

Subaru BRZ dibekali dengan mesin Boxer berkapasitas 2.400 cc naturally-aspirated. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 236 PS pada 7.000 RPM dan torsi 250 Nm pada 3.700 RPM. Tenaga disalurkan lewat pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan dengan adaptive control dan paddle shift.

Di Indonesia, Subaru BRZ ditawarkan dalam dua pilihan varian, yaitu otomatis dan manual. Varian otomatis dibanderol Rp850 juta, sementara varian manual Rp825 juta.

5. Volkswagen Golf GTI

Volkswagen Golf GTI
Volkswagen Golf GTI

Hot-hatch asal Jerman ini merupakan salah satu mobil sport yang cukup murah. Mobil ini dijual dengan harga mulai dari $31,625 atau setara dengan Rp490 jutaan. Golf GTI menawarkan tampilan sporty dengan bentuk lampu honeycomb pada bagian bumper, dan desain lampu utama yang tajam. Selain itu mobil ini juga menggunakan velg dual-tone dengan desain lima palang.

Masuk ke dalam interior, Golf GTI sudah dilengkapi dengan layar monitor berukuran 10 inci dan ambient lighting 30 warna. Mobil ini juga ditawarkan dengan fitur opsional untuk meningkatkan kapabilitas handling, yaitu DCC Adaptive Chassis Control.

Soal dapur pacu, Volkswagen Golf GTI ditenagai dengan mesin EA888 4 silinder DOHC Turbo berkapasitas 2.000 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 245 dk dengan torsi 370 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan dan mampu melesat 0-100 km/jam dalam 6,4 detik.

6. Subaru WRX

Subaru WRX - mobil sport termurah di dunia
Subaru WRX

Dikenal sebagai mobil legendaris di dunia rally, Subaru WRX merupakah salah satu mobil sport termurah di dunia. Mobil sport ini dijual dengan harga $29,105 atau setara dengan Rp451 jutaan untuk varian termurah tipe manual.

Dari segi eksterior, Subaru WRX tampak sporty dengan lampu depan LED yang menyipit dan bagian desain grille yang disempurnakan. Mobil ini juga menggunakan cladding berwarna hitam pada sekujur fendernya.

Sejumlah fitur diberikan pada mobil agar dapat melahap segala medan. Misalnya seperti penggerak all-wheel-drive, stroke suspensi yang panjang dan kaku, dan Platform Global Subaru yang memiliki tingkat kestabilan lebih baik.

Beralih pada bagian performa, Subaru WRX menggunakan mesin Boxer 4 silinder berkapasitas 2,4 liter turbocharged. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 271 hp dengan torsi maksimal 349 Nm. WRX ditawarkan dalam pilihan transmisi CVT dan manual 6-percepatan.

7. Ford Mustang

Ford Mustang 2024
Ford Mustang

Mustang merupakan mobil sport yang tergolong murah. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1964, kini Ford Mustang sudah memasuki generasi ke-7.

Tampilan Ford Mustang terbaru tampak kekar dan tajam dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mobil ini masih menggunakan lampu utama berbentuk trapesium dengan elemen tri-bar. Sementara bagian belakang menggunakan lampu three-bar tail lights khas Mustang.

Soal dapur pacu, Ford Mustang hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin Ecoboost berkapasitas 2,3 liter inline-four dan mesin V8 berkapasitas 5,0 liter. Mesin Ecoboost pada Ford Mustang diklaim memiliki ubahan pada mesin ini termasuk ignition systems, rasio kompresi yang lebih tinggi, fuel-delivery baru, serta turbocharger yang diperbarui. Sementara mesin V8 Coyote berkapasitas 5,0 liter juga turut diperbaharui dengan dual throttle body dengan dual air intake.

Soal harga, Ford Mustang dibanderol dengan harga USD 35.000 untuk varian termurah, atau setara dengan Rp546 juta. Sementara varian tertinggi GT500 dibanderol $75,000 atau Rp1,17 miliar.

Baca Juga: Ini 10 Hypercar yang Masuk Daftar Mobil Tercepat di Dunia

8. Chevrolet Camaro

Chevrolet Camaro
Chevrolet Camaro

Semua orang tentu kenal dengan Chevrolet Camaro. Mobil ini sering dikenal sebagai Bumblebee pada film Transformer. Meskipun demikian, harga Chevrolet Camaro terbilang cukup murah. Mobil ini dijual dengan harga mulai dari $27,095 atau sekitar Rp420 jutaan.

Chevrolet Camaro memiliki tampilan yang kekar dengan bentuk coupe 2 pintu. Tidak hanya tampilan sporty, mobil ini juga menggunakan mesin yang kencang. Untuk varian bawah, Camaro dibekali mesin 2.000 cc 4 silinder turbo dengan tenaga 275 hp dan torsi 295 lb-ft. Selain itu, mobil ini juga hadir dengan pilihan mesin 3.600 cc V6 yang bertenaga 335 hp dan mesin 6.200 cc V8 dengan tenaga 455 hp. Varian tertinggi hadir dengan mesin 6.200 cc Supercharged V8 dengan tenaga 650 hp dan torsi 650 lb-ft.

Tenaga disalurkan ke roda belakang dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan, otomatis 8-percepatan, dan otomatis 10-percepatan untuk varian V6 dan V8.

9. Daihatsu Copen

Daihatsu Copen - mobil sport termurah di dunia
Daihatsu Copen

Tidak hanya mobil keluarga, Daihatsu juga memiliki mobil sport dua pintu. Daihatsu Copen merupakan mobil dengan nuansa sporty yang kental. Bagian atap mobil terbuat dari kanvas dan dapat dibuka-tutup. Fasia depan juga tampak sporty dengan grille heksagonal serta lampu utama yang terlihat menyambung dengan lampu kabut.

Tidak hanya tampilan yang sporty, Copen juga dibekali berbagai fitur hiburan, diantaranya 2 DIN Radio AM/FM, konektivitas AUX, dan Bluetooth.

Soal performa, Daihatsu Copen ditenagai dengan mesin 0,7 liter KF DOHC. Mesin yang sudah dilengkapi dengan Intercooler Turbocharged ini mampu menghasilkan tenaga 64 PS dengan torsi 92 Nm.

Soal harga, Daihatsu Copen dijual dengan rentang harga Rp400 juta hingga Rp500 juta. Bahkan, mobil bekasnya bisa didapat dengan harga Rp250 jutaan.

10. Dodge Challenger

Dodge Challenger - mobil sport termurah di dunia
Dodge Challenger

Rival dari Chevrolet Camaro dan Ford Mustang ini juga memiliki harga yang tergolong murah bagi sebuah sports car. Dodge Challenger dijual dengan harga mulai dari $30,075 atau setara dengan Rp420 jutaan.

Secara tampilan, Dodge Challenger terbaru mengambil inspirasi dari Challenger yang diluncurkan pada tahun 1960an. Mobil coupe 2 pintu ini memiliki desain yang berotot dengan grill yang tampak menyatu dengan lampu utama berbentuk bulat. Kesan sporty juga berlanjut ke dalam bagian interior. Mobil ini dilengkapi layar utama berukuran 8,4 inci dengan sejumlah fitur seperti navigasi, koneksi smartphone, dan memeriksa ukuran G-Force.

Soal performa, mobil ini hadir dengan jenis mesin yang dapat menyesuaikan selera berkendara. Untuk varian bawah dilengkapi dengan mesin 3,6 liter Pentastar V6 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 303 tenaga kuda. Mobil ini juga hadir dengan mesin V8 dengan kapasitas 5,7 liter hingga 6,2 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 807 tenaga kuda.

11. Hyundai Elantra N

Hyundai Elantra N
Hyundai Elantra N

Elantra N merupakan versi pamungkas dari sedan Elantra. Mobil sedan garang ini hadir dengan pembaruan serta mesin yang berkekuatan dahsyat. Disamping itu, harga mobil ini juga relatif bersahabat di rentang harga $30,000 atau setara dengan Rp450 jutaan.

Tampilan Hyundai Elantra N tampak sporty dengan warna hitam pada bagian grill dan bumper, serta aksen merah pada bagian front, rear, dan side skirt. Pada bagian belakang terdapat tambahan spoiler pada bagian atas pintu bagasi.

Soal performa, mobil ini dibekali dengan mesin 2,0 liter 4 silinder turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 276 hp dengan torsi 392 Nm. Tenaga disalurkan lewat transmisi dual clutch 8-percepatan.

Sebagai mobil dengan performa tinggi, Elantra N dilengkapi dengan teknologi seperti sistem launch control, N Track Sense Shift dengan DCT, dan N Power Shift.

mobil terkait

Rp 295.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 622.900.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 346.700.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 324.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA


Kembali ke atas