Intip Perbedaan Mesin Xpander HEV dengan Xpander Standar

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 2 February 2024

Intip Perbedaan Mesin Xpander HEV dengan Xpander Standar

momobil.id – Mitsubishi baru saja memperkenalkan Xpander HEV dan Xpander Cross HEV di Thailand. Kedua mobil 7-seater tersebut hadir dengan mesin hybrid berteknologi e-motion yang dikembangkan sendiri oleh Mitsubishi. Lantas, apa perbedaan mesin hybrid Xpander HEV dengan Xpander bermesin bensin konvensional?

Perbedaan Mesin Xpander dan Xpander HEV

Perbedaan utama Xpander dan Xpander HEVterletak pada bagian mesin. Xpander HEV mengandalkan sistem hybrid baru yang dikembangkan oleh Mitsubishi, yakni e:Motion. Sistem ini terdiri dari mesin 1.600 cc 4 silinder MIVEC Atkinson-Cycle, baterai, motor listrik, dan transmisi e-CVT. Mesin 1.600 cc MIVEC berkode 4A92 sanggup menelurkan daya sebesar 95 PS dan torsi 134 Nm. Sementara motor listriknya mampu menghasilkan tenaga 116 PS dan torsi 255 Nm.

Kombinasi mesin Atkinson Cycle dan motor elektrik diklaim membuat Xpander HEV memiliki kemampuan melaju dalam berbagai situasi seperti full EV, hybrid series, hybrid parallel, hingga regenerative.

MPV 7-seater ini mampu beroperasi dengan EV mode dalam kecepatan rendah. Jika membutuhkan tenaga lebih, maka motor elektrik dibantu oleh mesin Atkinson-Cycle. Perpindahan gaya berkendara ini diatur secara otomatis oleh sistem hybrid e:Motion.

Xpander HEV mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu 9,7 detik. Mitsubishi juga mengklaim bahwa konsumsi BBM Xpander HEV turun 10% dibandingkan versi bensin, atau 34% di dalam kota dengan angka hingga 19,2 km/liter.

Sementara Mitsubishi Xpander bermesin ICE (Internal Combustion Engine) mengadopsi mesin bensin 4 silinder, MIVEC DOHC 16 Valve berkapasitas 1,5 liter. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 103,5 hp pada 6.000 RPM dan torsi sebesar 141 Nm pada 4.000 RPM. Tenaga disalurkan ke roda depan lewat pilihan transmisi manual 5 percepatan dan CVT.

Baca Juga: Spesifikasi Mitsubishi Xpander HEV, Gunakan Teknologi e-motion

Tampilan Eksterior dan Interior yang Serupa

Mengambil basis dari Xpander standar, Xpander HEV menggunakan bahasa desain Dynamic Shield khas Mitsubishi. Dari segi eksterior, perbedaan terlihat pada penggunaan emblem HEV di bagian grille, pintu depan, dan pintu bagasi. Untuk menunjukkan mobil dengan sistem hybrid, Xpander HEV disematkan lis berwarna biru pada bagian velg, bumper, dan side skirt. 

Masuk ke bagian kabin, tuas transmisi dari Xpander HEV menggunakan desain baru menyesuaikan dengan teknologi hybrid yang diusung. Setir dan panel instrumen juga turut berubah, kini menggunakan kepunyaan XForce. Selebihnya, desain interior dari Xpander dan Xpander HEV serupa.

Temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

Sumber gambar: mitsubishi-motors.co.th

mobil terkait

Rp 440.000.000

Individu

JAKARTA SELATAN

Rp 259.000.000

Individu

BOGOR

Rp 235.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 228.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 241.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 170.000.000

Individu

TANGERANG


Kembali ke atas