Intip Perbedaan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dan Exceed

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 23 September 2022

Intip Perbedaan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dan Exceed

momobil.id – Mitsubishi Pajero Sport facelift hadir pada Februari 2021 lalu. Di Indonesia, mobil SUV ini hadir dengan tiga pilihan tipe, yaitu GLS, Exceed, dan Dakar. Tipe Pajero Sport yang diminati oleh masyarakat Indonesia adalah Exceed dan Dakar, namun apa perbedaan dari kedua tipe tersebut? Berikut pembahasannya.

Perbedaan Tampilan Eksterior

Pada bagian eksterior, varian Exceed dan Dakar menggunakan bahasa desain “Dynamic Shield“. Meskipun demikian, terdapat beberapa perbedaan dari kedua tipe tersebut.

Jika dilihat secara detail, perbedaan utama terletak pada bagian penerangan. Varian Exceed menggunakan lampu berjenis halogen pada lampu utama dan lampu kabut. Sementara varian Dakar menggunakan lampu LED pada lampu utama, sein, dan lampu kabut. Selain itu varian Dakar juga dilengkapi dengan LED Active Cornering Lamp yang memiliki fungsi menerangi jalan secara otomatis ketika melewati tikungan.

Beralih ke bagian samping, velg dari Pajero Sport Exceed dan Dakar sama-sama menggunakan velg berukuran 18 inci. Perbedaan terletak pada penggunaan warna velg. Varian Exceed masih menggunakan velg single tone. Sementara varian Dakar sudah menggunakan warna dual tone sehingga terlihat lebih sporty.

Beralih ke bagian belakang, tampilan dari varian Exceed dan Dakar tetap sama. Namun, varian Dakar sudah dilengkapi dengan fitur Power Back Door dan kick sensor. Untuk varian Dakar 4×4, ubahan paling kentara terletak pada bagian atap. Dakar 4×4 sudah menggunakan sunroof.

Interior dari Varian Exceed dan Dakar

Beralih ke bagian kabin, terdapat perbedaan pada bagian interior Pajero Sport varian Exceed dan Dakar. Jok pada varian Exceed masih menggunakan bahan fabric. Sementara untuk varian Dakar sudah menggunakan jok berlapis kulit dengan lapisan soft touch yang berada pada beberapa bagian sudut kabin. Tipe Dakar 4×4 menggunakan interior dengan warna hitam yang dominan, sementara Dakar 4×2 berwarna beige.

Dari bagian dashboard, varian Exceed dan Dakar menggunakan layar display meter yang berbeda. Varian Dakar menggunakan layar display meter berukuran 8 inci yang bisa diatur sesuai dengan preferensi dan informasi yang dibutuhkan. Sementara untuk varian Exceed masih menggunakan panel meter lama.

Beralih ke bagian sistem audio, Varian Dakar menggunakan layar sentuh berukuran 8 inci, dan Exceed dibekali oleh layar sentuh berukuran 7 inci. Tipe Dakar juga sudah dilengkapi dengan kamera mundur dan Multi Around View Monitor pada varian 4×4.

Sementara untuk fitur hiburan lainnya pada kabin, varian Dakar sudah dibekali dengan power outlet bertegangan 150 Watt/220 Volt, dan roof monitor berukuran 9 inci pada baris kedua untuk Dakar 4×2.

Baca Juga: Bukan Produk yang Sama, Ini Perbedaan Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport

Fitur Keselamatan yang Disematkan

Mitsubishi Pajero Sport hadir dengan berbagai fitur keselamatan. Fitur yang sudah hadir pada seluruh varian meliputi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD), ISOFIX Child Seat, dan immobilizer.

Perbedaan pada fitur keselamatan terdapat pada bagian airbag. Varian Exceed hanya dilengkapi dengan dua airbag. Sementara seluruh varian Dakar sudah dibekali dengan 7 airbag. Tipe Dakar juga sudah dilengkapi dengan Brake Assist, Active Stability & Traction Control, Hill Start Assist (HSA), Trailer Stability Assist (TSA), dan Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS).

Untuk fitur-fitur lainnya, tipe Dakar dibekali dengan fitur keselamatan canggih antara lain Adaptive Cruise Control, Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Mesin dari Varian Exceed dan Dakar

Pada sektor dapur pacu, terdapat perbedaan dari mesin yang digunakan oleh Pajero Sport varian Exceed dengan varian Dakar. Varian Exceed dibekali dengan mesin diesel 4 silinder berkapasitas 2.500 cc common-rail turbo. Mesin berkode 4D56 tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 136 PS pada 4.000 RPM dan torsi maksimum 324 Nm pada 2.000 RPM. Tenaga disalurkan lewat pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan.

Sementara untuk varian Dakar menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.400 cc VGT-Intercooler. Mesin berkode 4N15 mampu menelurkan tenaga sebesar 181 PS pada 3.500 RPM dan torsi 430 Nm pada 2.500 RPM. Varian Dakar hanya tersedia dalam pilihan transmisi otomatis 8 percepatan.

Harga

Berikut ini merupakan harga dari Pajero Sport varian Exceed dan Dakar. Harga tersebut merupakan harga on the road DKI Jakarta per September 2022.

  • Exceed (4×2) MT = Rp537.600.000
  • Exceed (4×2) AT = Rp552.800.000
  • Dakar (4×2) AT = Rp611.200.000
  • Dakar (4×2) Ultimate AT = Rp660.800.000
  • Dakar (4×4) Ultimate AT = Rp720.500.000

mobil terkait

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 337.700.000

Individu

Rp 285.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas