Intip Perbedaan Tiga Varian Tesla Cybertruck, Segini Harganya yang Paling Murah

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 15 June 2020

Intip Perbedaan Tiga Varian Tesla Cybertruck, Segini Harganya yang Paling Murah

momobil.id – Tesla Cybertruck memang memiliki desain yang tak biasa. Ini karena bentuknya yang kotak dan mirip dengan mobil-mobil di film fiksi. Meski begitu, peminat truk listrik ini sudah cukup banyak. CEO Tesla, Elon Musk, mengklaim produk anyarnya itu sudah dipesan sebanyak dua ratus ribu unit hanya dua hari setelah diperkenalkan pada 21 November 2019.

Tesla Cybertrcuk ditawarkan dalam tiga varian yakni model standar alias varian terendah yang dibanderol US$39 ribu (sekitar Rp555 juta), varian menengah seharga US$$49 ribu (sekitar Rp698 juta), dan varian tertinggi sebesar US$69 ribu (sekitar Rp983 juta).

Seperti dilansir Tempo, varian termurah dilengkapi dengan motor listrik tunggal berpenggerak roda belakang. Kemampuan akselerasinya dari titik nol hingga 96,5 kilometer per jam ditempuh dalam waktu 6,2 detik. Daya jelajah baterainya mencapai 250 mil (sekitar 402,3 kilometer) sekali pengisian daya. Varian termurah ini memiliki kemampuan mengangkut beban hingga 3,4 ton.

Varian menengah (midrange) dilengkapi dengan dual motor listrik, berpenggerak AWD. Kemampuan akselerasinya lebih baik dibanding varian termurah, yakni dari nol hingga 96,5 kilometer dalam waktu 4,5 detik. Akselerasi ini sudah mampu mengimbangi beberapa mobil sport bermesin konvensional saat ini.

Daya jelajah baterai varian menengah ini mencapai 300 mil (482 kilometer) sekali pengisian daya. Daya angkut varian ini meningkat dibanding varian termurah, yakni 4,5 ton.

Pada varian tertinggi dilengkapi dengan tri motor berpenggerak roda AWD. Akselerasinya dahsyat, setara dengan akselerasi supercar Lamborghini Huracan EVO, dari nol hingga 96,5 kilometer per jam dalam waktu 2,9 detik. Daya jelajah baterainya dalam sekali pengisian mencapai 500 mil (804,6 kilometer). Kemampuan angkut bebannya juga lebih baik dibanding varian midrange, yakni 6,3 ton.

Fitur standar yang melekat pada ketiga varian di atas meliputi sistem pengemudian otomatis (autopilot) dan adaptive air suspension. Di samping itu, kendaraan ini juga diperkuat dengan struktur bodi yang kokoh, diklaim antipenyok dan antikorosi. Stuktur bodi ini didesain untuk memberikan perlindungan maksimum kepada pengemudi dan penumpang di dalamnya. Tesla Cybertruck juga dilengkapi dengan kaca berkekuatan tinggi.

Di Indonesia, Cybertruck rencananya akan dijual Prestige Motorcars pada tahun 2022. Menurut pihak Prestige Motorcars, mobil sejenis truk memang digemari orang Amerika Serikat. Namun kendaraan ini dinilai tetap akan menarik untuk konsumen Indonesia meski tak sekuat pasar Amerika Serikat.

Baca juga: Daftar Museum Mobil Dunia yang Bisa Dikunjungi Secara Virtual

“Cybertruck ya seperti (Ford) F-150 Raptor, jadi double kabin bisa buat bawa barang. Orang Amerika suka sekali. Kalau di Indonesia buat dipakai sehari-hari, bisa juga buat kondisi yang kurang kondusif,” kata Presiden Direktur Prestige Motorcars, Rudy Salim, seperti dilansir Detik.com.



Kembali ke atas