Intip Spesifikasi dan Harga Hyundai IONIQ 6 di Indonesia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 15 August 2023

Intip Spesifikasi dan Harga Hyundai IONIQ 6 di Indonesia

momobil.id – PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) resmi meluncurkan Hyundai IONIQ 6 untuk pasar Tanah Air. Mobil listrik berpenampilan sedan tersebut hadir untuk mengisi pasar kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Lantas, apa istimewanya?

Desain Eksterior Hyundai IONIQ 6

Hyundai IONIQ 6 dibangun dari platform yang sama dengan IONIQ 5, yaitu E-GMP (Electric Global Modular Platform). Desain sedan listrik ini terinspirasi dari Hyundai Prophecy Concept dengan tampilan yang minimalis, namun terlihat futuristik.

Lekukan bodi IONIQ 6 yang aerodinamis serta platform baru membuat mobil ini memiliki koefisien drag sebesar 0,21. Hal ini ditunjang oleh beberapa detail seperti bukaan grill aktif, gagang pintu flush door handles, serta ventilasi dan penggunaan spoiler belakang.

Pada bagian depan, IONIQ 6 disematkan lampu depan dengan desain Parametric Pixels. Bagian bumper terlihat futuristik dan minimalis berkat penggunaan garis yang melintang dengan aksen hitam. Beralih ke sisi samping, IONIQ 6 menggunakan velg alloy berukuran 20 inci yang terlihat sporty. Spion samping sewarna bodi dengan lampu model kotak-kotak.

Bagian belakang Hyundai IONIQ 6 terlihat menarik dengan lampu belakang Parametric Pixels yang memanjang dan Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp pada bagian spoiler belakang. Bumper belakang diberi aksen warna hitam sehingga memunculkan kesan sporty.

Dilihat dari segi dimensinya, Hyundai IONIQ 6 memiliki panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 1.495 mm, dan jarak sumbu roda 2.950 mm. Berkat penggunaan platform E-GMP, IONIQ 6 memiliki ruang kaki dan lutut yang lebih lega.

Tampak Belakang Hyundai IONIQ 6
Tampak Belakang Hyundai IONIQ 6

Interior

Masuk ke dalam interior, pengguna IONIQ 6 disapa dengan kabin bernuansa hitam. Interior dari IONIQ 6 mengutamakan kenyamanan dan keleluasaan para penggunanya. Misalnya, seperti leg room yang lega, lantai mobil yang rata, fitur Relaxation Comfort Seat, posisi kursi yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna, pemanas kursi, hingga lumbar support.

Beralih ke bagian dashboard, IONIQ 6 dibekali dengan Supervision Digital Cluster berukuran 12,3 inci, head up display, dan Bluetooth. Sektor hiburan dilengkapi BOSE Premium Audio System dengan 8 speaker, external amplifier, serta ambient lighting dengan 64 opsi warna dan 6 tema ganda.

Baris bagian depan dari IONIQ 6 juga hadir dengan bridge style open console yang dapat diatur untuk menyimpan barang atau meletakkan smartphone.

Mobil ini juga menggunakan material ramah lingkungan pada bagian kabinnya. Material pada bagian dashboard menggunakan BIO-TPO yang diekstrasi dari tebu yang digunakan pada crash pad. Sementara pada bagian jok menggunakan material kulit dengan minyak alami biji rami yang ramah lingkungan. Sementara beberapa bagian lainnya menggunakan bahan BIO-PET, recycled fisher net, serta bio paint yang terbuat dari rapeseed flower dan ekstra jagung.

Interior Hyundai IONIQ 6
Interior Hyundai IONIQ 6

Baca Juga: Hyundai Luncurkan Stargazer X di GIIAS 2023, Intip Spesifikasinya

Fitur

Hyundai IONIQ 6 sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih intuk keselamatan dan kenyamanan berkendara. Mobil ini hadir dengan Hyundai Smartsense yang lebih lengkap. Misalnya, Inteliigent Front-lighting System yang dapat mematikan sebagian lampu agar tidak mengganggu pengemudi depan dan fitur Forward Collision-Avoidance Assist 2 yang mampu mencegah tabrakan antar kendaraan.

Fitur Hyundai Smartsense lain pada Hyundai IONIQ 6 meliputi Parking Collision-avoidance Assist-Reverse (PCA-R), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Rear Occupant Alert (ROA), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go Function, Surround View Monitor (SVM), Blind-Spot Collision-avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Driver Attention Warning (DAW) yang meliputi Leading Vehicle Departure Alert, Lane Following Assist (LFA), dan Lane Keeping Assist – Line/Road-Edge (LKA-L/R).

Selain itu, mobil ini juga sudah dibekali dengan sistem pengereman ABS+EBD+BAS, Hill-start Assist, Electronic Stability Control, Tyre Pressure Monitoring System, Virtual Engine Sound, dan lainnya.

Sektor Performa

Soal performa, Hyundai IONIQ 6 didukung oleh dua motor listrik berdaya maksimum 326 PS (239 kW) dengan torsi 605 Nm dan penggerak all-wheel-drive (AWD). Motor listrik ditenagai oleh baterai liquid-cooled lithium-ion berkapasitas 77,4 kWh.

Dalam kondisi baterai penuh, Hyundai IONIQ 6 mampu melaju sejauh 519 km. Sementara akselerasi 0-100 km/jam membutuhkan waktu 5,1 detik dengan kecepatan maksimal hingga 185 km/jam.

Terkait baterai, Hyundai IONIQ 6 sudah mendukung teknologi DC ultra fast charging hingga 800V. Pengisian baterai menggunakan ultra fast charging berdaya 350 kW mampu mengisi baterai 10-80% dalam waktu 18 menit. Sementara untuk penggunaan DC fast charging 50 kW, pengisian 10-80% ditempuh dalam waktu 73 menit. Untuk pengisian menggunakan AC standard charging dengan daya 7 kW membutuhkan waktu 12 jam (0-100%).

Pilihan Warna dan Harga Hyundai IONIQ 6

Di Indonesia, Hyundai IONIQ 6 tersedia dalam lima pilihan warna. Diantaranya, Gravity Gold Matte, Nocturne Gray Matte, Abyss Black Pearl, Serenity White Pearl, dan Biophilic Blue Pearl.

Hyundai IONIQ 6 dijual dengan harga Rp1.197.000.000,- on the road DKI Jakarta berstatus CBU atau diimpor utuh dari Korea Selatan. Untuk pilihan warna matte dikenakan biaya tambahan sebesar Rp3,5 juta.

Hyundai memberikan kelebihan layanan after sales khusus pembeli IONIQ 6 di Indonesia. Pengguna akan mendapatkan garansi dasar selama 3 tahun atau 100.000 km, garansi baterai kendaraan selama 8 tahun atau 160.000 km, gratis jasa perawatan selama 6 tahun atau 90.000 km, dan gratis suku cadang perawatan berkala selama 6 tahun atau 90.000 km.

Sumber gambar: Hyundai

mobil terkait

Rp 277.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

BOGOR

Rp 265.000.000

Individu

JAKARTA UTARA

Rp 356.000.000

Individu

JAKARTA UTARA

Rp 235.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 345.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas