Intip Spesifikasi SUV Listrik KIA EV9

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 30 March 2023

Intip Spesifikasi SUV Listrik KIA EV9

momobil.id – KIA resmi memperkenalkan mobil listrik SUV pertama berkonfigurasi 7-seater, KIA EV9. SUV listrik ini merupakan mobil listrik kedua yang diluncurkan setelah KIA EV6. KIA EV9 hadir dengan desain eksterior modern, mesin ramah lingkungan, serta berbagai fitur canggih.

Eksterior Futuristis

Tampak Belakang KIA EV9

KIA EV9 hadir dengan bahasa desain “Opposites United“. Kesan futuristis dari SUV listrik KIA EV9 tampak kuat dengan hadirnya Digital Tiger Face pada bagian gril. Desain tersebut merupakan evolusi dari gril tiger-nose ciri khas dari KIA. Pada bagian samping gril terdapat lampu utama berbentuk vertikal dan memanjang.

Beralih ke bagian samping, KIA EV9 memiliki siluet yang mengotak khas SUV modern. Mobil ini hadir dengan desain atap floating-roof dan opsi pelek dual-tone berukuran 19 inci atau 21 inci. Sementara bagian belakang terdapat lampu belakang yang memanjang secara vertikal, serta aksen hitam dan silver pada bagian bumper.

Untuk varian GT-Line, KIA memberikan sejumlah penambahan ornamen yang berbeda. Diantaranya, bumper belakang dan depan yang didesain ulang, pelek sporty, roof rack, dan Digital Pattern Lighting Grille.

Interior

Selain bagian eksterior, KIA juga fokus pada peremajaan bagian interior. KIA EV9 hadir dengan dua opsi konfigurasi, yakni 6-seater dan 7-seater. Bagian dashboard dari EV9 tampak menerapkan garis horizontal. Sistem infotainment dan panel instrumen dibuat menjadi satu kesatuan dan memanjang. Pada bagian samping dashboard terdapat dua buah layar yang berfungsi sebagai kamera samping.

Tidak hanya futuristis, KIA juga menyematkan banyak kompartemen pada bagian kabin agar lebih fungsional. Beralih ke baris kedua, KIA menyematkan beberapa opsi konfigurasi. Ada bench seat 3 penumpang, basic type, relaxation type, dan swivel type two seat independent. Opsi terakhir merupakan bangku baris kedua yang bisa diputar menghadap baris ketiga. Sementara relaxation type memungkinkan bangku baris pertama dan kedua dioperasikan bersamaan.

Interior KIA EV9
Interior KIA EV9

Baca Juga: Komparasi Mobil Listrik KIA EV6 vs Hyundai IONIQ 5

Fitur KIA EV9

KIA EV9 dibekali dengan berbagai fitur canggih. Mobil ini hadir dengan sistem Highway Driving Pilot (HDP) dengan kemampuan otonom level 3. Sistem HDP pada EV9 dibekali dengan 15 sensor, termasuk 2 Lidar yang mampu mendeteksi objek dalam bidang pandang 360 derajat. HDP mampu mendeteksi dan bereaksi terhadap jalan dan pengguna lain agar mampu mengurangi potensi terjadinya kecelakaan. Fitur ini nantinya akan ditawarkan pada model GT-Line.

KIA EV9 juga dilengkapi dengan sistem Advanced Driver Assistance System (ADAS). Fitur tersebut diantaranya, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Lane Keeping Assist (LKA), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Smart Cruise Control (NSCC), Highway Driving Assist 2 (HDA 2), Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist, serta Remote Smart Parking Assist 2 (RSPA 2)

Salah satu fitur ADAS yang menarik adalah RSPA 2. Teknologi ini memungkinkan mobil memarkir tanpa perlu bantuan dari pengemudi, baik di dalam, maupun di jalanan. RSPA 2 secara otomatis menggerakan EV9 ke tempat parkir yang ditentukan dengan mengendalikan gas, rem, serta perpindahan gigi.

KIA EV9 juga hadir dengan fitur Digital Key 2. Fitur ini memungkinkan pemilik mobil membuka dan menghidupkan mesin mobil dengan smartphone. Digital Key 2 dilengkapi dengan teknologi Ultra-Wide Band (UWB).

Spesifikasi KIA EV9

SUV listrik KIA EV9 hadir dengan platform baru Electric Global Modular Platform (E-GMP). Mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan baterai dan dua pilihan penggerak. Varian standar dibekali dengan baterai berkapasitas 76,1 kWh dan penggerak roda belakang RWD. Versi standar ditenagai dengan motor listrik yang berdaya 160 kW dan torsi 350 Nm, serta akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 8,2 detik.

Sementara varian Long Range hadir dengan baterai 99,8 kWh dan dua sistem penggerak, yakni RWD dan penggerak semua roda (AWD). Untuk varian Long Range RWD, motor listrik memiliki tenaga sebesar 150 kW dan torsi maksimal 350 Nm dengan kemampuan akselerasi 0-100 km/jam 9,4 detik.

Varian AWD dilengkapi dengan dua motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga gabungan 283 kW dan torsi gabungan 600 Nm. Kombinasi kedua motor listrik mampu membuat KIA EV9 melesar 0-100 km/jam dalam waktu 6 detik. KIA juga menyediakan opsi fitur Boost dengan torsi 700 Nm.

Varian RWD Long Range dengan baterai 99,8 kWh memiliki jarak jangkauan lebih dari 541 km berdasarkan WLTP. KIA juga menyediakan sistem pengisian daya ultra cepat 800 volt dan fitur Vehicle-to-Load (V2L) melalui Integrated Charging Control Unit (ICCU).

Sumber gambar: KIA

mobil terkait

Rp 134.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 163.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 446.500.000

Individu

Rp 342.500.000

Individu

Jakarta

Rp 369.500.000

Individu

Jakarta

Rp 320.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT


Kembali ke atas